Di Rumdin Wali Kota Banjarmasin Bakal Ada Dermaga, Wisatawan Bisa Mengakses Lewat Sungai dan Bernuansa Budaya Lokal

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Bakal terealisasi tahun 2023, rencana pembangunan rumah dinas (rumdin) Wali Kota Banjarmasin, masih menunggu kelengkapan berkas.

    Kapala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadyah mengungkapkan, sudah masuk pelelangan dan tinggal menunggu berkas lengkap.

    “Ditargetkan proyek pembangunan sudah dapat dimulai Maret mendatang. Pada Sektor Informasi Umum Pengadaan (SIRUP) juga sudah masuk. Jadi menunggu kelengkapan dari kawan-kawan di Bidang,” ungkap Suri saat dikonfirmasi wartabanjar.com melalui sambungan telpon, Jumat (3/2/2023).

    Suri menyampaikan, pembuatan Design Engineering Detail (DED) telah selesai sesuai persetujuan Wali Kota Banjarmasin.

    BACA JUGA : Pasukan Turbo Dinas PUPR Kota Banjarmasin Bersihkan Sampah di Sungai

    Suri juga membeberkan, pagu anggaran pembangunan rumdin Wali Kota Banjarmasin diperkirakan sekitar Rp 5 miliar.

    “Tapi angka itu hanya untuk kontruksi bangunan saja, belum termasuk isinya,” ujarnya.

    Suri menerangkan, untuk desain pembangunan rumdin akan bernuansa kebudayaan lokal Kota Banjarmasin. Mengingat lokasinya sendiri tepat berada di depan Sungai Martapura.

    Pada detail rencana pembangunan sendiri terdiri dari pembangunan pendopo, ruang rapat mini, hingga fasilitas pendukung lain.

    Tak hanya itu, rumdin direncanakan memiliki dua lantai, yang mana dipersiapkan kantor sekretariatnya menjadi pelengkap utama dalam pembangunan rumah dinas.

    BACA JUGA :Kemiskinan Ekstrem Masih Terdapat di Banjarmasin, Berpenghasilan Rp 12 Ribu Per Hari

    “Nanti kita menyesuaikan dengan luasan tanah,” ucapnya.

    Tidak hanya itu, rencananya di depan rumdin itu bakal dibangun dermaga agar para wisatawan maupun tamu luar daerah bisa menikmati langsung suasana kearifan lokal kota Seribu Sungai nantinya.

    Untuk kepastian pembangunannya, Suri mengungkapkan, akan segera dilakukan jika berkas yang diperlukan rampung dan terpenuhi.

    “Harusnya sudah siap Maret tapi ini kan permohonan ke ULP (Unit Layanan Pengadaan) masih belum tapi di sirup sudah masuk. Semoga segera saja,” tuturnya.

    Sebelumnya, diketahui pembangunan rumdin Wali Kota Banjarmasin menggunakan eks lahan Cafe Pondok Party, di Jalan Jendral Sudirman kawasan Pasar Lama. Pemko Banjarmasin dulunya telah membeli lahan itu dari pemilik tanah secara resmi senilai Rp 31 miliar rupiah. (est)

    Baca Juga :   RS Pertamina Tanjung Perkenalkan Ruang Rawap Inap Baru

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI