Desa Juai Gelar Pelatihan Satlinmas Dari Pengoperasian Mesin Pemadam Hingga Simulasi APAR

    WARTABANJAR.COM, BALANGANDesa Juai Kecamatan Juai Kabupaten Balangan menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dengan materi pengenalan dan cara pengoperasian mesin pemadam kebakaran serta simulasi Alat Pemadam APi Ringan (APAR). Pelatihan dimulai dari pemaparan materi dari instruktur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan.

    Pemateri dari BPBD Balangan yaitu Staf Teknisi Peralatan dan Mesin, Rudiansyah kemudian dilanjutkan dengan praktik yang dilakukan oleh setiap Satlinmas. Rudiansyah, mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan ilmu Satlinmas Desa Juai tentang penggunaan alat pemadam dan APAR. Diharapkan, seluruh Satlinmas dapat sigap dalam melakukan pemadaman ketika terjadi kebakaran.

    “Para linmas kami ajarkan cara menghidupkan mesim pemadam, memasang selang, menyemprotkan air serta cara menggulung selang pemadan jika telah selesai digunakan,” ujarnya seperti dikutip Wartabanjar.com, Kamis (19/09/2024).

    Baca juga: Ada 35 Calon Tunggal di Pilkada 2024: KPU Tak Fasilitasi Kampanye Kotak Kosong

    Menurutnya, hal demikian ini sangat penting karena jika sudah paham dan mengerti serta tahu caranya maka akan memudahkan penggunaannya jika terjadi musibah kebakaran.

    “Intinya peralatan cepat dioperasionalkan saat di lapangan jika terjadi kebakaran,” katanya.

    Kemudian para linmas juga dilatih bagaimana menggunakan APAR. Dijelaskannya bahwa APAR adalah perangkat yang dirancang untuk memberikan pemadaman api pada awal kebakaran, sebelum api menjadi terlalu besar atau sulit untuk dikendalikan.

    Baca Juga :   Kejari Balangan Tegas Ajak Wujudkan Netralitas ASN dalam Pilkada 2024

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI