Hasto Dimintai Keterangan di KPK Soal Kasus DJKA Karena Posisinya ini

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto untuk diperiksa sebagai saksi, Jumat (19/07/2024). Pemeriksaan itu terkait kasus dugaan korupsi di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang saat ini dinahkodai Menteri Budi Karya Sumadi.

    Hasto dinilai penyidik sebagai salah satu saksi penting lantaran posisinya sebagai konsultan.

    “Pemeriksaan dilakukan di Gedung KPK Merah Putih, atas nama Hasto Kristiyanto, konsultan,” kata Juru Bicara KPK, Tessa Mahardika Sugiarto kepada wartawan, Jum’at siang.

    Namun Hasto mangkir menghadiri pemeriksaan kali ini. Pengacara Hasto, Tonny Talapessy menyebut, kliennya tak hadir karena sudah ada agenda lain.

    “Untuk undangan klarifikasi Mas Hasto sebagai saksi belum bisa dipenuhi karena baru mendapatkan info panggilan pagi tadi sedangkan sudah ada jadwal kegiatan lainnya hari ini,” jelas Ronny seperti dikutip Wartabanjar.com.

    Baca juga: Staf Hasto Ngaku Dibentak Penyidik, KPK Pastikan Profesional

    Sebagai informasi, perkembangan terbaru kasus tersebut adalah penangkapan terhadap Yofi Oktarisza (YO) selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas 1 Jawa Bagian Tengah. BTP Kelas 1 Jawa Bagian Tengah telah berganti nama menjadi BTP Kelas 1 Semarang.

    Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur menerangkan, penetapan dan penahanan terhadap YO berdasarkan pengembangan perkara yang sebelumnya menjerat pengusaha Dion Renato Sugiarto (DRS). Pengusaha itu diduga memberi suap PPK BTP Semarang Bernard Hasibuan (BH) dan Putu Sumarjaya (PS).

    Baca Juga :   Penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut Disorot, Kementerian PMK Beri Catatan Untuk NTT-NTB

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI