Kritisi WWF ke-10 di Bali, Walhi Gelar Aksi CItarum Hadeuh di Bandung

    WARTABANJAR.COM, BANDUNG Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat berencana menggelar aksi Citarum Hadeuh menyusul gelaran World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. Aksi tersebut untuk menuntut pemerintah memperhatikan Sungai Citarum yang sudah lama kondisinya tercemar memprihatinkan.

    Berdasarkan flyer yang mampir ke Redaksi Wartabanjar.com di Jakarta, titik aksi akan dilaksanakan di Gedung Sate Bandung, Selasa (22/05/2024) pukul 13.00 WIB. Menurut mereka, lima tahun lalu Sungai Citarum menempati peringkat ketiga dari sepuluh daerah terkotor di dunia. Gelar itu bersumber dari laporan Green Cross Switzerland dan Blacksmith Institute pada tahun 2013.

    Baca juga: Bupati Lantik Pengurus LPTQ Balangan Periode 2024-2028

    Setelahnya, berbagai strategi dikeluarkan pemerintah sebagai terobosan untuk merevitalisasi Sungai Citarum. Strategi itu mulai dari program Citarum Bergetar (2004) dan Citarum Bestari (2014) yang digawangi pemerintah daerah, hingga Citarum Harum (2018) yang langsung melibatkan pemerintah pusat.

    Saat ini, 18-25 Mei 2024 pada perhelatan Water World Forum ke-10 di Bali, Citarum Harum dipamerkan sebagai percontohan keberhasilan pengelolaan sumber daya air.

    Baca juga: Dishub Banjarbaru Ancam Tindak Aeris Hotel Jika Langgar Amdalalin Saat Soft Opening

    “Kita, patut kritis untuk hal ini. Diakui atau tidak, selama 30 tahun ke belakang, berbagai program, gerakan, dan bantuan dana yang diberikan tidak memberikan dampak yang signifikan. Citarum tetap tercemar berat oleh limbah industri maupun sampah dan limbah rumah tangga,” ujar para pegiat Walhi Jabar.

    Baca Juga :   Ini Arahan Kapolri Soal Kasus Vina Cirebon, Terjunkan Tim Mabes

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI