Kultum Ramadhan, Puasa Mendidik Kesahajaan dan Kesehatan Pola Makan

    Rasulullah kemudian bersabda kembali. “Sesungguhnya Allah menjadikan segala yang keluar dari anak Adam itu perumpamaan untuk kehidupan dunia.” (HR Ahmad).

    Apabila direnungkan, proses pencernaan makanan itu menghasilkan sampah yang dapat meracuni tubuh apabila tidak dikeluarkan.

    Ibadah puasa melatih tubuh agar lebih ringan memproses makanan yang masuk sehingga energi tetap terbentuk sekaligus memudahkan sisa makanan dikeluarkan dari tubuh.

    Manusia juga harus memerhatikan makanannya dari segi kesehatan karena tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi.

    Sebagian makanan bahkan berbahaya bagi tubuh karena mengandung zat tertentu yang beracun. Makanan yang tidak baik bagi tubuh ini sering dikategorikan sebagai makanan yang tidak thayyib atau tidak sehat.

    Sebagai contoh yang mudah adalah singkong karena sangat populer dan enak disantap.

    Singkong sebetulnya dapat mengandung zat sianida yang beracun. Namun, bila singkong itu diolah dengan direbus atau digoreng maka kandungan sianida akan terlepas sehingga menjadi relatif aman. Karena itu, sebisa mungkin manusia menghindari mengonsumsi singkong yang masih mentah.

    Berdasarkan makna ‘memerhatikan’ pada Surat ‘Abasa sebagai melihatnya hati dan pikiran, maka Ramadhan menjadi momentum untuk mendidik pola makan agar lebih sehat lahir dan batin.

    Selain itu, makanan anak Adam bisa dijadikan perumpamaan untuk kehidupan dunia.

    Jika energi yang terbentuk dari pola makan tidak dialokasikan untuk beribadah, maka yang tinggal hanyalah sisanya yang buruk rupa dan tidak berguna. Wallahu a’lam bis shawab.
    Sebagaimana ditulis Ustadz Yuhansyah Nurfauzi, Anggota Komisi Fatwa MUI Cilacap, apoteker dan peneliti di bidang farmasi yang dilansir NU Online. (berbagai sumber)

    Baca Juga :   Jajal Trek Terjal Loksado, Yamaha Gelar NMAX Turbo Tour Boemi Nusantara 2024 di HSS

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI