Kembangkan Ekonomi Lokal, Pemkab Banjar Bagikan Rombong ke 20 Pedagang Jengkol Kampung Jaring Pingaran

WARTABANJAR.COM, MARTAPURA– Bupati Banjar, H Saidi Mansyur menyerahkan bantuan berupa rombong kepada 20 penjual jengkol atau jaring Desa Pingaran, Kecamatan Astambul, Senin (11/12/2023) di Mahligai Sultan Adam, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel.

Dengan anggaran Rp200 juta, Pemkab Banjar memberikan rombong tersebut kepada para pedagang jengkol pilihan.

Selain untuk meningkatkan kualitas UMKM, penyerahan rombong juga merupakan bagian dari dukungan Pemkab Banjar dalam menunjang ekonomi kreatif dan lokal.

“Tentu para penerima akan terus kami pantau, jangan sampai berhenti di situ-situ saja. Minimal, harus ada peningkatan minimal semangat berjualannya,” ujar Bupati Banjar, H. Saidi Mansyur.

Sementara itu, Plt. Kadisbudporapar Kabupaten Banjar, Rija Rusady menerangkan bahwa penerima rombong ini ditentukan oleh kepala desa yang menerima.

“Teknisnya melalui kepala desa masing-masing. Jadi, siapa yang berhak nanti akan dikirimkan daftarnya ke kami,” ujar Rija Rusady.

Perlu diketahui, Desa Pingaran, Kecamatan Astambul merupakan salah satu destinasi wisata ekonomi kreatif.

Kampung Jaring Pingaran merupakan satu-satunya kampung jengkol di Kalimantan Selatan yang sudah eksis secara turun temurun.

Jaring atau jengkol ini kan sering jadi buah tangan saat masyarakat lewat jalan utama di Desa Pingaran itu, jadi ini juga salah satu bentuk inovasi dalam mengembangkan ekonomi lokal,” tutup Rija Rusady. (nurul octaviani)

Editor: Yayu

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini