Polisi Israel Blokade Masjid Al Aqsa, Umat Islam Dilarang Masuk

    WARTABANJAR.COM, YAERUSALEM – Polisi Israel menutup Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem sejak Selasa (24/10/2023).

    Mereka juga mencegah umat Islam memasuki kompleks situs suci tersebut.

    Departemen Wakaf Islam, organisasi Islam yang ditunjuk Yordania mengelola kompleks Al-Aqsa, melaporkan bahwa polisi Israel secara tiba-tiba menutup semua gerbang yang mengarah ke kompleks situs suci itu dan melarang semua Muslim masuk.

    Sementara itu, di tengah larangan masuk bagi umat Islam, polisi justru mengizinkan orang Yahudi memasuki kompleks di pagi hari untuk berjalan-jalan dan melakukan ibadah secara bebas yang jelas melanggar status quo.

    Di bawah aturan status quo, hanya Muslim yang boleh beribadah di sana. Non-Muslim boleh ke Al Aqsa namun hanya bisa mengunjungi saja.

    Baca juga: Istri dan Dua Anak Jurnalis Al Jazeera Tewas Saat Israel Menyerang Gaza

    Sementara itu, terkait ketegangan di Gaza, Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa bertemu dengan Duta Besar Israel untuk Jepang Gilad Cohen untuk menyampaikan permintaan Tokyo untuk penghentian sementara pertempuran di Gaza.

    Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Kamis, Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan bahwa pertemuan antara kedua diplomat pada Rabu malam bertujuan untuk menekan Israel agar menghentikan pertempuran dan mengizinkan pengiriman lebih banyak bantuan kemanusiaan kepada lebih dari dua juta warga sipil yang tinggal di wilayah Palestina yang terkepung. (berbagai sumber)

    Editor: Erna Djedi

    Baca Juga :   Vincent dan Desta Tersangkut Kasus Asusila Ketua KPU Hasyim Asy'ari

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI