Viral Video Imam Masjidil Haram Syekh Maher Diganti saat Rakaat Pertama Salat Jumat, Begini Kondisinya

    WARTABANJAR.COM Imam Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Syekh Maher Al-Mu’aiqly mengalami kelelahan saat memimpin Salat Jumat. Seketika, imam kelahiran Madinah itu kehilangan kesadaran sehingga tidak dapat menyelesaikan bacaan Surat Al Fatihah di rakaat pertama.

    Insiden ini terjadi pada Salat Jumat 11 Agustus 2023 pada 24 Muharam 1445 H/11 Agustus 2023. Dalam ritual ibadah Jumat itu, Syekh Maher bertindak sebagai khatib dan imam Salat Jumat.

    Syekh Maher sebelumnya tidak menunjukkan gejala sakit. Ia menyampaikan khutbah Jumat selama lebih kurang 30 menit di tengah cuaca terik Kota Mekkah yang mencapai 43 derajat Celcius.

    Syekh Maher Al Muayqali, imam pemilik suara khas yang banyak diputar di masjid-masjid di Indonesia.

    Saat membaca surat Al Fatihah pada rakaat pertama, suaranya tiba-tiba berubah lirih. Syekh Maher tidak mampu melanjutkan “ihdinashshiratal mustaqim”. Napasnya terdengar tersengal-sengal.

    Dalam beberapa detik kemudian, Syekh Abdul Rahman As-Sudais langsung mengambil alih. Jadi imam salat Jumat, melanjutkan bacaan Syekh Maher.

    Syekh As-Sudais memilih mempercepat salat dengan membaca surat pendek.

    Pada rakaat pertama membaca surat Al Kautsar yang hanya tiga ayat. Begitu pula pada rakaat kedua, Syekh As-Sudais membaca surat Al-Ikhlas.

    Kondisi itu sempat membuat jemaah bertanya-tanya. Apa yang terjadi dengan Syekh Maher Al Muayqali.

    “Ya Allah lindungi dan limpahkan kesehatan kepada Syekh Maher Al Muaiqly yang sebelumnya berhalangan untuk melanjutkan salat Jumat di Masjid Al Haram sehingga digantikan oleh Syekh Sudais,” doa di akun resmi Haramain.

    Tidak lama kemudian, akun tersebut menginformasikan kondisi terbaru Syekh Maher. Lengkap dengan foto-fotonya yang tampak tersenyum didampingi imam Masjidilharam lainnya.“Syekh Maher Al Muayqali dalam keadaan sehat. Karena tekanan yang tiba-tiba turun, dia tidak dapat melanjutkan salat Jumat. Kami mohon kepada Allah untuk melindungi para imam Haramain dan melindungi Masjidilharam,” bunyi pernyataan di akun tersebut.(wartabanjar.com/berbagai sumber)

    editor : didik tm

    Baca Juga :   MPR RI Akan Undang Keluarga Soeharto dan Gus Dur untuk Jalin Rekonsiliasi

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI