Antisipasi Karhutla di Kalteng, BNPB Gelar Apel dan Rapat di Palangkaraya

    WARTABANJAR.COM, PALANGKARAYA- Sedang marak musibah alam berupa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto memimpin apel dan rapat koordinasi (rakor) dalam rangka antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Kalimantan Tengah.

    Kegiatan ini dilaksanakan belum lama ini di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah.

    Gelar apel ini melibatkan personel gabungan serta peralatan dan perlengkapan penanggulangan karhutla.

    Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel maupun peralatan yang akan digunakan untuk mengantisipasi potensi karhutla yang mengiringi periode El Nino tahun 2023  ini.

    “Seperti yang kita ketahui, bahwa pada tahun 2023 ini kondisi cuaca berbeda dengan 3 tahun sebelumnya. BMKG sudah memprediksi tahun ini Indonesia akan mengalami kemarau yang lebih panjang dari tahun-tahun sebelumnya, termasuk di Provinsi Kalimantan Tengah yang merupakan salah satu dari 6 provinsi prioritas dalam penanganan karhutla,” jelas Suharyanto saat memimpin apel.

    Pada kesempatan itu, ia mengingatkan bahwa pada tahun 2015 dan 2019 karhutla yang terjadi cukup masif, tidak hanya berdampak terhadap lingkungan, tetapi juga ekonomi, sosial, hingga kesehatan masyarakat. 

    “Oleh sebab itu, tahun ini kami mengajak seluruh personel yang hadir dapat turun langsung ke lapangan guna meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan agar kejadian pada tahun 2015 dan 2019 tidak terjadi kembali,” sebutnya.

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI