Hantu ‘El Nino’ Gentayangan, Harga Pangan Dikhawatirkan Melonjak Jelang Idul Adha

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA- Sejumlah harga bahan pokok belakangan ini makin mahal walau momen Hari Raya Idulfitri sudah lewat.

    Biasanya, kenaikan harga pangan memang terjadi menjelang hari besar keagamaan seperti Lebaran, Natal dan Tahun Baru, namun kali ini fenomenanya berbeda.

    Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, menyebut kenaikan terjadi pada komoditas daging ayam, telur, daging sapi hingga bawang-bawangan sejak April lalu.

    Misalnya, rerata harga telur ayam yang biasanya berkisar Rp27 ribu sampai Rp28 ribu per kilogram (kg), naik menjadi Rp30 ribu pada awal April.

    Lalu, pada pertengahan Mei sampai saat ini tembus di atas Rp31 ribu per kg, bahkan pernah mencapai Rp31.950 per kg pada 29 Mei 2023.

    Daging ayam ras yang pada 3 April 2023 tercatat seharga Rp33.750 per kg terus naik menjadi Rp36.250 pada 3 Mei 2023.

    Sejak saat itu harga daging ayam tak pernah lagi turun hingga pada 21 Juni 2023 tembus menjadi Rp39.400 per kg.

    Sekjen DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), Reynaldi Sarijowan membenarkan terjadinya kenaikan harga pada beberapa komoditas pangan di hampir seluruh pasar anggota Ikappi.

    Baca Juga: Kapolri Soroti Tes Praktik SIM, Tingkat Kesulitan Kayak Ujian Mau Jadi Pemain Sirkus

    Kenaikan secara signifikan terlihat sekali dalam sepekan terakhir, terutama untuk telur, daging ayam ras dan daging sapi.

    “Beberapa laporan dari pedagang ke kami mengeluhkan harga telur, ayam dan daging naik fantastis. Karena itu kami dorong pemerintah untuk mengambil langkah, terutama untuk membantu pedagang kecil,” ujarnya.

    Baca Juga :   Hasil Obligasi AS Menguat Sebabkan Harga Emas Melemah

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI