Daftar Diktator yang Masih Memimpin Dunia dan Paling Disorot di 2022

    WARTABANJAR.COM – Diktator disebut-sebut merupakan seorang pemimpin negara yang memerintah secara tirani dan menindas rakyatnya. Diktator juga jenis pemerintahan di mana satu orang atau partai memiliki kekuasaan absolut. Artinya, partai atau penguasa memiliki kontrol penuh.

    Menurut World Population, dalam sistem pemerintahan semacam itu biasanya hak-hak rakyat ditekan. Diktator juga biasanya didukung kelompok orang-orang berkuasa.

    Seperti, Presiden China Xi Jinping disebut-sebut diktator karena kebijakan dia yang ketat terhadap warganya dan kerap membungkam perbedaan pendapat dan kritik.

    BACA JUGA:Heboh Karikatur Cover Majalah The Week Ada Jokowi Bersama Tokoh Dunia Rayakan Natal, Ini Faktanya

    Lebih lanjut World Population menerangkan bahwa diktator naik ke tampuk kekuasaan saat ada masalah serius, seperti krisis ekonomi atau keresahan di kalangan rakyat.

    Diktator biasanya mempertahankan kekuasaan dengan membungkam setiap pertentangan terhadap aturan mereka. Tindakan itu bisa berupa penangkapan, intimidasi, kekerasan fisik, bahkan pembunuhan.

    Berikut daftar diktator dunia yang menjadi sorotan pada 2022 versi World Population:

    1. Presiden China Xi Jinping

    China menerapkan sensor dan kontrol ketat terhadap warganya. Menurut pengamat politik tindakan ini bisa tergolong dalam kediktatoran.

    Beberapa bahkan memelesetkan nama resmi China dari Republik Rakyat China (RRC) menjadi Kediktatoran Demokrasi Rakyat. Frasa ini terdengar kontradiktif bagi banyak orang.

    Frasa kediktatoran demokrasi rakyat merujuk pada Partai Komunis China dan negara yang mengklaim mewakili dan bertindak atas nama rakyat, tetapi punya dan bisa menggunakan kekuasaan untuk melawan.

    2. Presiden Rusia Vladimir Putin

    Rusia dinilai menerapkan sistem semi presidensial dan oligarki.

    Putin sudah menjabat empat periode sebagai Presiden Rusia. Pada pemilihan umum 2024, ia dilaporkan berjanji akan meninggalkan kursi presiden.

    Baca Juga :   Geger 7 Mayat Remaja Ditemukan Mengambang di Kali Bekasi, Polisi Amankan Belasan Orang

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI