BMKG Sebut Badai Dahsyat Tidak Terjadi Hari ini

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Badai dahsyat yang diprediksi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berbeda dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

    Jika BRIN memperkirakan badai dahsyat terjadi hari ini, Rabu, 28 Desember 2022, BMKG memprediksi hujan ekstrem atau sangat lebat pada 30 Desember 2022.

    Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, dari hasil modeling yang telah dilakukan, kencederungan hujan sangat lebat di wilayah Jabodetabek pada 30 Desember, sedangkan pada 28 Desember, sebagaimana yang diperkirakan BRIN, malah hanya akan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

    “Jadi Insyaallah menurut prediksi ini justru Jawa Barat, Jabodetabek sampai 28 Desember Insyaallah masih terkendali, relatif aman, hanya mulai 29 diwaspadai menurut prediksi kami,” ujar Dwikorita saat konferensi pers, Selasa (27/12/2022).

    Baca Juga

    Kronologi Perkelahian Berdarah di Mandiangin

    Menurutnya BMKG cenderung tidak menggunakan istilah badai seperti yang digunakan peneliti BRIN, tetapi hujan sangat lebat disertai dengan angin kencang.

    “Jadi itu hujan lebat, bukan pusaran, istilah badai kan pusaran, pusaran angin dan disertai hujan lebat. Kalau Jabodetabek itu 28 Desember masih belum ada merahnya, yang dikhawatirkan Jawa Tengah dan Laut Jawa,” ucap Dwikorita.

    Potensi hujan ekstrem ini tengah diantisipasi BMKG bersama BRIN dengan upaya menerapkan teknologi modifikasi cuaca.

    Tujuannya supaya awan-awan hujan yang akan masuk ke darat dan membuat hujan itu makin lebat bisa turun di lautan.

    “Itu dapat dipaksa turun di laut jawa atau di wilayah luar pemukiman, misalnya di danau atau waduk. Jadi insyaallah menurut prediksi ini justru Jabodetabek sampai 28 Desember masih terkendali,” kata Dwikorita.

    Baca Juga :   Geger 7 Mayat Remaja Ditemukan Mengambang di Kali Bekasi, Polisi Amankan Belasan Orang

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI