Jepang Cetak Sejarah Atas Jerman, Fans Langsung Bersih-bersih Stadion

WARTABANJAR.COM – Jepang meraih hasil luar biasa setelah di luar dugaan menaklukkan Jerman dengan skor 2-1 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Rabu (23/11).

Jepang sebenarnya tertinggal lebih dulu dari Jerman di laga ini. Die Mannschaft membuka keunggulan lewat gol dari titik penalti Ilkay Gundongan pada menit ke-33.

Namun Jepang bangkit di babak kedua. Gol-gol dari pemain pengganti Ritsu Doan pada menit ke-75 dan Takuma Asano (83′) membuat Samurai Blue menang 2-1 atas anak asuh Hansi Flick.

Kemenangan itu sekaligus menjadi sejarah buat Jepang untuk kali pertama bisa mengalahkan Jerman. Samurai Blue bahkan sempat memuncaki klasemen Grup E sebelum digeser Spanyol.

Baca juga: Usai Wawancara Kontroversial dengan Piers Morgan, Manchester United Resmi Depak Cristiano Ronaldo

Spanyol yang bermain setelah laga Jerman vs Jepang tampil luar biasa kontra Kosta Rika. La Furia Roja menang telak dengan mencetak tujuh gol tanpa balas di Stadion Al Thumama.

Sementara itu, fans timnas Jepang tidak melupakan kebiasaan bersih-bersih mereka usai merayakan kemenangan bersejarah atas Jerman dalam laga Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11).

Sejumlah pendukung tim asuhan Hajime Moriyasu tetap tinggal di Stadion Internasional Khalifa untuk mengumpulkan sampah yang berserakan.

Sambil mengenakan jersey timnas Jepang, syal, dan cat di wajah, para suporter terlihat berjalan di antara bangku-bangku setelah penonton lainnya membubarkan diri.

Dengan membawa kantong plastik besar, suporter Samurai Blue mengumpulkan gelas, botol, bungkus makanan, dan termasuk bendera tim yang jadi lawan mereka, Jerman.

Aksi bersih-bersih yang dilakukan suporter Jepang sejatinya bukan pemandangan baru.

Hal ini malah sudah menjadi ciri khas yang dilakukan suporter Jepang di manapun mereka berada.

Baca Juga :   Kapten Tim Everton, Seamus Coleman Perpanjang Kontrak Hingga 2023

Sebelum itu suporter Jepang sudah mencuri perhatian dengan aksi mereka mengumpulkan sampah yang berserakan pascalaga Qatar vs Ekuador di Stadion Al Bayt, Al Khor yang digelar usai upacara pembukaan Piala Dunia 2022, Minggu (20/11).

Aksi itu mereka lakukan ketika semua penonton di stadion telah berduyun-duyun pulang. Tiap sisi tribun mereka bersihkan, sampah-sampah dikumpulkan.

“Suporter Jepang membersihkan stadion. Padahal ini tidak terkait (pertandingan timnas) mereka!. Seseorang meyakinkan saya bahwa ini hal yang lumrah,” komentar dari warga Qatar, Omar Faruq yang merasa takjub dalam unggahan video pada Selasa (22/11).

Tidak hanya fans timnas Jepang yang melakukan bersih-bersih, pemain pun meninggalkan ruang ganti dengan rapi dan bersih dalam unggahan yang pernah viral saat tampil di Piala Dunia 2018. (berbagai sumber)

Editor: Erna Djedi

BERITA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU HARI INI