Trik Menarik Tangan Lawan, Erat Susah Dilepas

    Praktisi Karate & Beladiri Praktis, Harry Budiman

    WARTABANJAR.COM – Dalam suatu kondisi membeladiri kadang kita harus melakukan tangkapan terhadap lawan. Salah satu bagian tubuh yang kita tangkap adalah tangan lawan. Namun tentu saja lawan tak begitu saja membiarkan dan pasti berontak.

    Tujuan menangkap tangan lawan dan menariknya misal untuk menjatuhkan lawan. Bisa pula untuk mengamankan lawan dengan melakukan kuncian. Selain itu, posisi kita adalah menjadi penengah ketika ada konflik antara dua orang, kemudian kita berusaha menjauhkan salah satu yang berpotensi mencederai orang lain.

    Biasanya saat menangkap tangan lawan, yang umum dilakukan orang awam adalah memegang pergelangan lawan, baik dengan sat ini tangan atau dua tangan kita.

    Jika postur lawan lebih besar, pastinya akan terjadi adu tenaga antara kita yang menarik dan lawan yang dipegang. Kemungkinan besar adalah kita akan kalah tenaga dan berbalik lawan menguasai kita.

    Berikut adalah trik yang bisa kita lakukan agar pegangan dan tarikan susah dilepas lawan, bahkan dapat menghilangkan keseimbangan tubuh lawan sehingga mudah kita kuasai dan amankan.

    Caranya, salah satu tangan kita memegang pergelangan tangan lawan tepat di bagian persendiannya. Tangan kita satunya memegang siku bagian bawah dari tangan lawan.

    Tangan kita yang memegang pergelangan lawan diposisikan menarik, bersamaan dengan tangan kita satunya yang memegang bagian bawah siku lawan juga melakukan tarikan. Ini akan memperkuat tarikan, karena biasanya lawan akan berusaha melepas atau meloloskan diri menggunakan oto lengan atas dan bahu.

    Baca Juga :   Derby Papadaan, Siaran Langsung dan streaming Barito Putera vs Borneo FC Malam Nanti

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI