BMKG Balikpapan Buka Suara Soal Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Kabupaten Berau

    WARTABANJAR.COM, BERAU- BMKG Balikpapan buka suara tentang gempa bumi magnitudo 5,6 yang melanda Kabupaten Berau, Kalimantan Timur yang terjadi kemarin, Minggu (15/9/2024) malam.

    Gempa bumi terjadi sekitar pukul 20.08.09 WIB.

    Sebelumnya, pada pukul 19.28.55 Wita, Gempa bumi tersebut dilaporkan mengguncang Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur berkekuatan magnitudo 4,1.

    BMKG Balikpapan melalui unggahan di Instagramnya, @stageof.balikpapan, dikutip Senin (16/9/2024), mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi tektonik itu memiliki parameter magnitudo 4.1.

    Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.33 LU dan 118.44 BT, atau tepatnya berlokasi 143 km Tenggara Kabupaten Berau pada kedalaman 11 km.

    “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Aktif,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya, S.Si., M.T dalam keterangannya yang dirilis BMKG Balikpapan.

    BACA JUGA: Semarak Baayun Maulid di Tapin Diikuti Ribuan Peserta, Terjauh dari Jakarta Timur dan Yogyakarta

    Dampak Gempa Bumi

    Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kecamatan Batu Putih, Kecamatan Sangkulirang dengan intensitas II-III MMI (*Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.*).

    Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut.

    Gempa Bumi Susulan

    Hingga Minggu, 15 September 2024 pukul 20:40:43 Wita, hasil monitor BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

    Baca Juga :   Tersangka Pencabulan Anak Dilantik Jadi Anggota DPRD Singkawang, Ini Sikap KPU RI

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI