Disdukcapil Tanah Bumbu Tetapkan Strategi Sukseskan Program Identitas Kependudukan Digital Tahun 2024

    WARTABANJAR.COM, BATULICIN- Sukses dengan programnya Identitas Kependudukan Digital (IKD), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu meraih gelar Kinerja Terbaik 1 dalam penyelenggaran pelayanan Administrasi Kependudukan, dalam acara Disdukcapil Award 2023 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, akhir 2023 lalu.

    Dari lima indikator penilaian, di antaranya adalah Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang turut sukses mengantarkan Disdukcapil Tanbu meraih predikat ini.

    Melalui indikator IKD ini, Disdukcapil Tanahbumbu mencapai nilai 28 persen dari target 25 persen.

    Penjelasan mengenai IKD tertuang dalam Permendagri Nomor 72 Tahun 2022 Pasal 13 ayat 2.

    Dalam peraturan itu disebutkan IKD adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan Dokumen Kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan Data Pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

    Dengan kata lain, nantinya masyarakat tak perlu repot membawa KTP karena sudah ada identitas kependudukan di HP masing-masing.

    Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanahbumbu, Gento Haryadi belum lama ini mengatakan, di 2024 ini pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan capaian IKD.

    Terkait target tahun ini, katanya, kementerian terkait bakal melakukan semacam rakornas pembagian pendistribusian target-target untuk capil kabupaten dan kota untuk segera diwujudkan di 2024 ini.

    Walau belum mengetahui targetnya, pihaknya sudah menyiapkan strategi untuk mencapai target yang ditetapkan itu.

    Baca Juga :   Waspada Cacar Monyet, Dinkes Balangan Imbau Warga Segera Periksakan Gejala ini

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI