Pemprov Kalsel Lakukan Berbagai Upaya Agar Geopark Meratus Menjadi Geopark Global UNESCO

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARU- Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan untuk merealisasikan Geopark Meratus menjadi UNESCO Global Geopark (UGGp) atau Geopark Global ke 11 UNESCO di Indonesia.

    Langkah-langkah yang dilakukan dari kajian, pemenuhan visibilitas, infrastruktur, fasilitas, dokumen hingga serangkaian promosi dan publikasi.

    Saat ini, Geopark Meratus sudah mendapatkan status sebagai Geopark Nasional sejak 2018 dan diharapkan ke depannya bisa menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark (UGGp) berkat upaya-upaya ini.

    Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Meratus (BPGM) Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana menyampaikan, akselerasi menuju penilaian UNESCO Global Geopark (UGGp) terus dilakukan.

    Dengan terwujudnya Geopark Meratus sebagai UGGp, diharapkan dapat mendorong terciptanya usaha lokal inovatif serta dapat digunakan sebagai sumber pendapatan yang dihasilkan melalui geowisata dan geoproduk, dengan sumber geologi tetap terlindungi.

    “2023 ini kita melengkapi rambu penunjuk jalan menuju situs, papan informasi yang akan bercerita sejarah dan perkembangan situs,” ungkapnya saat menghadiri kegiatan Coffe Talk oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel, baru-baru tadi.

    Ia menambahkan, pemberdayaan masyarakat juga terus diupayakan, terkait bagaimana masyarakat mengelola situs tersebut, melestarikan lingkungan termasuk warisan geologi, biodiversity, budaya, juga ekonomi masyarakat yang menjadi kunci penting tumbuh bersama geopark.

    “Kemudian terdapat keragaman geologi, keanekaragaman hayati, dan tentunya dikelola untuk keperluan konservasi, edukasi dan pembangunan berkelanjutan” tutup Hanifah.

    Baca Juga :   Update Kebocoran Pipa BPAM Banjarbakula, Suplai Air Bersih Disiapkan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI