Detik-detik Laga Lawan Malaysia Hari Ini, Timnas U-23 Indonesia Dilarang Turunkan 2 Pemain Intinya

    WARTABANJAR.COM – Jelang laga perdana di Piala AFF U-23 2023 lawan Malaysia, kabar mengejutkan datang untuk timnas U-23 Indonesia. Dua pemain andalan yang dapat sanksi AFC tidak boleh bermain.

    Kedua pemain Komang Teguh dan Titan Agung dipastikan tidak bisa bergabung dengan skuad timnas U-23 Indonesia lainnya di Piala AFF U23 2023.

    Menurut sumber yang diterima wartabanjar,com, kedua pemain Indonesia itu sudah mendapat pemberitahuan dari federasi sepak bola Asia (AFC).

    BACA JUGA: Buntut Polemik Klub Liga 1 & Timnas U-23 Indonesia, Erick Thohir Siapkan Aturan Baru untuk Pelatih Asing

    Pasalnya, tKomang Teguh dan Titan Agung memang diketahui sedang menjalani sanksi dari federasi sepak bola Asia (AFC), buntut kericuhan pada final SEA Games 2023 lalu lawan Thailand.

    AFC telah mengirimkan surat kepada PSSI memberitahu bahwa 2 pemain, Titan Agung dan Komang Teguh, tidak dapat berkompetisi dalam Piala AFF U23 2023 karena hukuman dari AFC masih berlaku dalam turnamen tersebut,” cuitan The Asean Football, Kamis (17/8/2023) malam.

    Komang Teguh dan Titan Agung memang tetap dibawa ke Piala AFF U-23 2023 meski mendapat sanksi AFC larangan 6 pertandingan.

    Saat itu, konfirmasi dari Nova Arianto menyebut bila larangan bertanding Komang dan Titan hanya berlaku saat FIFA Matchday.

    Ternyata hal mengejutkan terjadi, kini 2 orang tersebut tidak akan bisa bertanding di Piala AFF U-23 setelah AFC memberikan surat.

    Hal ini dikatakan manajer timnas U-23 Indonesia, Endri Erawan.

    “Yang jadi masalah dua orang ini, Titan dan Komang. Kita juga kaget tiba-tiba tanggal 14 itu dapat surat dari AFC mengingatkan kita ada suspend dari pemain kita,” kata Endri di Nonglalok Stadium, Kamis (17/8/2023).

    “Karena selama ini sejak tanggal 2 Agustus sebenarnya kita sudah kirim surat ke AFC untuk mendapatkan konfirmasi mengenai 2 orang pemain ini yang kita bawa.”

    “Termasuk dengan Taufany karena masuk list 40 pemain yang disiapkan. Namun belum ada respons,” tambahnya.

    Endri menambahkan bila pertimbangan mereka tetap membawa Komang dan Titan adalah karena Piala AFF U-23 2023 bukan merupakan FIFA Matchday.

    “Jadi pertimbangan kami karena ini usianya berbeda dulu U-22, ini U-23 dan juga ini adalah turnamen setengah resminya Asia Tenggara, jadi bukan di friendly match (FIFA),” jelas Endri.

    “Surat FIFA juga sejak keberangkatan kami kesini 3 hari lalu itu belum keluar.”

    “Belum ada juga surat dari AFC yang menyatakan bahwa ini tidak boleh bermain.”

    “Ternyata surat yang dikeluarkan AFC itu, karena ini bukan friendly match, kita lagi membalas surat tersebut,” tambahnya.

    PSSI tengah berusaha lagi agar membuat 2 pemain tersebut tetap bisa tampil di Piala AFF U-23 2023.

    “Artinya kita menjelaskan bahwa ini adalah turnamen resminya Asia Tenggara,” kata Endri.

    BACA JUGA: Tak Diperkuat Sejumlah Bintang, Sanggupkah Timnas U-23 Indonesia Beri Kado di HUT ke-78 RI?

    “Hari ini sudah dibalas, masih dipelajari dari bagian legal PSSI, apakah surat itu membolehkan Titan dan Komang bermain,” jelasnya

    “Setelah itu kita akan konsultasi dengan match komisioner. Karena matchcom bilang itu tergantung dari AFC. Kita akan diskusikan lagi dengan legal PSSI dan coach Shin Tae-yong,” tambahnya.(wartabanjar.com/berbagai sumber)

    editor: didik tm

    Baca Juga :   Malam Ini! Derby Papadaan, RD Berharap Laskar Antasari Tanpa Beban Lawan Borneo FC

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI