Buya Arrazy Isi Tausiah di Mahligai Pancasila Banjarmasin

    WARTABANJAR.COM – KH Buya DR Arrazy Hasyim MA menyampaikan tausiah kepada masyarakat Desa Awang Bangkal Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Sabtu malam (10/09/2022), usai laga futsal bersama Tim Paman Birin di lapangan futsal Mahligai Pancasila.

    Tausiah yang disampaikan Buya Arrazy dikutip sebagian dari isi kitab Al-Hikam karya Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari.

    Syekh Ibnu Atha’illah lahir di Iskandariah atau Alexandria (Mesir) pada 648 H/1250 M, dan meninggal di Cairo (Mesir) pada 1309 M.

    Syekh Ibnu hidup di Mesir di masa kekuasaan Dinasti Mamluk.

    Dalam bidang ilmu fikih, ia menganut dan menguasai madzhab Maliki. Sedangkan di bidang tasawuf termasuk pengikut sekaligus tokoh tarekat Al-Syadzili dan luas sebagai seorang ”master” (syekh besar) ketiga di lingkungan tarekat sufi Syadziliyah.

    Dalam tausiah, dijelaskan Buya Arrazy sebagian isi kandungan kitab Al-Hikam dan latar belakang pengarangnya.

    Kemudian, menyinggung masalah banyaknya orang-orang yang suka menilai dari sisi kesalahan seseorang saja atau mencari-cari kesalahan orang lain.

    “Ini ciri-ciri orang kurang mengetahui ilmu agama,” ujarnya.

    Buya Arrazy pun menyinggung pentingnya ikhlas beriman kepada Allah SWT dan segera bertaubat atas kesalahan yang dilakukan, tanpa berniat untuk mengulangi hal yang sama.

    Banyak bertaubat atau banyak merasa salah atau merasa berdosa ujar Buya Arrazy, jauh lebih baik dari pada merasa diri sudah suci atau ibadahnya sudah benar dan banyak. Karena orang seperti ini termasuk ciri sifat sombong.

    Baca Juga :   Ikuti Pelatihan, Magang, dan Sertifikasi Kerja Oleh Pemkab Balangan, ini Harapan Tia

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI