Pencurian Alat EWS Masih Jadi Persoalan Serius di Wilayah Perairan

    Sistem EWS berfungsi untuk mendeteksi perkembangan kondisi cuaca, arah atau kecepatan angin, dan gelombang laut. Deteksi itu kemudian didistribusikan ke alat elektronik yang ada di kapal agar para nahkoda mengetahuinya.

    Baca juga: Polisi Periksa Dua Terduga Pelaku Pencabulan Anak di Bawah Umur, Besok Akan Umumkan Hasilnya

    “Alat seperti Racon/EPIRB yang ada di kapal-kapal kita yang berfungsi dengan baik karena selalu dipelihara dan dijaga,” ujarnya seperti dikutip Wartabanjar.com.

    Syamsul menyatakan, secara umum upaya pengamanan moda transportasi laut Indonesia saat ini semakin baik. Pelayanan keselamatan bagi pengguna jasa juga sudah merata di seluruh wilayah. Hal itu berkat dukungan dan kerjasama yang solid antar kementerian ataupun lembaga seperti TNI, Polri, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan SAR Nasional (Basarnas).

    “Khususnya berkaitan dengan penanganan bencana atau kondisi darurat lain kami sudah siapkan skema baik di atas kapal saat berlayar maupun di pelabuhan,” ujarnya. (Sidik Purwoko)

    Baca juga: Nomor Urut Pilbup Banjar : Saidi Manyur-Habib Idrus Alhabsyie Nomor 1, Syaifullah Tamliha dan Habib Ahmad Nomor 2

    Editor: Sidik Purwoko

    Baca Juga :   Komnas Perempuan Apresiasi Penunjukkan Brigjen Desy Jadi Direktur Dit PPA-PPO

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI