Dramatis, Spanyol Kukuhkan Tahun Emas Sepakbola! Camello Cs Juara di Ajang Olimpade 2024

     

    WARTABANJAR.COM, PARIS – Spanyol merebut medali emas Olimpade Paris 2024 setelah mengalahkan tuan rumah Prancis dengan skor 5-3 melalui babak perpanjangan waktu pada final di Parc des Princes, Paris, Sabtu (10/8/2024) dini hari waktu Indonesia.

    Kemenangan ini menandai berakhirnya penantian 32 tahun Spanyol untuk kembali meraih medali emas di cabang sepak bola putra di ajang Olimpade. Terakhir kali Spanyol meraih emas pada Olimpiade 1992 di Barcelona.

    Baca juga:Presiden Jokowi Yakinkan Bonus Buat Peraih Medali Olimpiade

    Namun dalam dunai sepakbola, ini sekaligus menjadi tahun emas Spanyol setelah pada ajang Piala Eropa bulan lalu, Spanyol juga meraih juara setelah mengalahkan Inggris.

    Sedangkan Prancis harus puas dengan medali perak.

    Pertandingan ini berlangsung dramatis, dimana Prancis yang sempat tertinggal dua gol di babak pertama akhirnya mampu menyamakan kedudukan saat pertandingan waktu normal tinggal beberapa detik.

    Prancis membuka keunggulan 1-0 hanya 11 menit setelah kick-off berkat tendangan Enzo Millot dari dalam kotak penalti Spanyol, yang gagal dihentikan oleh kiper Arnau Tenas.

    Namun, Spanyol segera menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-18. Fermin Lopez mencetak gol dengan sontekan setelah menerima umpan dari Alex Baena.

    Spanyol kemudian membalikkan keadaan menjadi 2-1 atas Prancis melalui gol kedua Fermin Lopez pada menit ke-25.

    Abel Ruiz, yang menerima umpan silang dari Juan Miranda di sisi kiri, sempat diadang oleh kiper Prancis Restes tetapi Lopez berhasil memanfaatkan bola rebound untuk mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini.

    Pada menit ke-28, Spanyol menambah keunggulan menjadi 3-1 lewat tendangan bebas dari Alex Baena yang mengarah ke pojok kanan atas gawang Prancis dan tidak bisa dihentikan oleh kiper mereka.

    Baca Juga :   Persib Kecam Aksi Penyerangan Bobotoh pada Steward

    Skor 3-1 untuk keunggulan Spanyol bertahan hingga akhir babak pertama.

    Di awal babak kedua, Prancis bermain lebih agresif dan terus menekan Spanyol. Upaya anak asuh Thierry Henry tersebut akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-78, ketika Prancis memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3 melalui gol dari Maghnes Akliouche.

    Baca juga:Prediksi Final Sepakbola Olimpiade 2024 Prancis vs Spanyol: Pembuktian Penting Thierry Henry

    Tendangan bebas rendah yang dieksekusi oleh Michael Olise berhasil dialihkan oleh Maghnes Akliouche ke dalam gawang tanpa bisa dihentikan oleh Tenas.

    Tuan rumah kemudian mendapatkan hadiah penalti di masa injury time babak kedua setelah Arnaud Kalimuendo dilanggar oleh Benat Turrientes. Wasit menunjuk titik putih setelah meninjau Video Assistant Referee (VAR). Jean-Philippe Mateta yang maju sebagai eksekutor berhasil menipu Tenas.

    Skor imbang 3-3 bertahan hingga waktu normal berakhir, sehingga pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

    Pada babak pertama perpanjangan waktu, Spanyol kembali unggul pada menit ke-100 melalui gol cantik Sergio Camello dengan tendangan chip. Skor 4-3 bertahan hingga akhir babak pertama perpanjangan waktu.

    Sergio Camello berhasil mengalahkan Restes dalam duel satu lawan satu dengan tembakan lambung jarak dekat setelah menerima umpan terobosan dari Sergio Gomez.

    Baca juga:Ibunda Shalat Tahajud Saat Veddriq Leonardo Bertanding di Olimpiade Paris 2024

    Prancis berusaha mengejar dalam waktu yang tersisa, tetapi Camello kembali mencetak gol pada menit ke-120+1 melalui serangan balik untuk mengunci kemenangan 5-3. Spanyol pun dinobatkan sebagai juara Olimpiade 2024.(pwk)

    Editor: purwoko

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI