Pemkab Balangan Harapkan Pelatihan Kompetensi Bisa Tekan Angka Pengangguran

    WARTABANJAR.COM, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten Balangan harapkan program pelatihan kompetensi untuk masyarakat bisa menekan angka penganguran dan meningkatkan kesejahteraan masyakarat Kabupaten Balangan.

    Pemkab Balangan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) kembali menyelenggarakan pelatihan kompetensi tahap II untuk masyarakat.

    “Pelatihan kali ini terdiri dari tiga kejuruan, Plate Welder SMAW 3G, Service Sepeda Motor Injeksi, dan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana,” ujar Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Tenaga Kerja (DKUKMTK) Balangan, Abdurahman Arrahimi, Rabu (3/7/2024) kemarin.

    Pelatihan ini diikuti oleh 48 orang yang mana dalam satu kejuruan itu terdiri dari 16 orang.

    Baca Juga : Ditkrimsus Polda Kalsel Lakukan Penyelidikan Dana Bos Dinas Pendidikan Banjarbaru

    Terpisah, Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Balangan, Abdul Muklis mengaku Balai Latihan Kerja Kabupaten Balangan Tak hanya menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi. Akan tetapi juga aktif menjalin kerjasama dengan industri untuk penempatan lulusan.

    “Kami sudah melaksanakan nota kesepahaman dengan PT. Dian Pandu Pratama, mereka mencari kandidat welder hampir 130 orang. Mereka bergerak pada bidang pertambangan dan perkapalan. Jadi memang kandidat-kandidat dari BLK yang menjadi prioritas mereka,” katanya.

    Muklis berharap, dengan adanya kolaborasi antara BLK Balangan dan PT Dian Pandu Pratama. Diharapkannya pula semakin banyak lulusan yang dapat bekerja di sektor-sektor strategis seperti pertambangan dan perkapalan, yang akan turut mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. (alfi)

    Baca Juga :   H Rahmat Trianto Terpilih DPR RI, Benarkah Rela Mundur Demi Pilkada Tala?

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI