Kemenhub Berikan Imbauan Terkait Uji Coba Taksi Terbang Buatan Korea Selatan yang Bakal Uji Coba di IKN

    Oleh karena itu, dia berharap adanya kesiapan dari operator untuk berkoordinasi secara baik dengan bandara setempat maupun penyedia layanan navigasi sehingga nantinya tidak mengganggu ruang udara.

    “Kemudian izin akan diberikan, kalau memang semua aspek itu dipandang sudah memenuhi persyaratan yang berlaku dan juga ‘safety assessment‘ yang berlaku,” katanya lagi.

    Sebelumnya, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menargetkan uji coba (proof-of-concept/POC) taksi terbang (sky taxi) untuk IKN akan dilakukan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

    Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi, di Jakarta, Senin (27/5/2024) mengatakan taksi terbang itu buatan Hyundai dari Korea Selatan (Korsel) yang bakal uji coba Juli ini.

    Ali mengatakan dalam uji coba pada Juli tersebut, Hyundai akan melibatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk menggunakan Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto sebagai lokasi uji cobanya.

    OIKN sendiri pada tahun lalu sudah melakukan uji coba taksi terbang di Bandara Budiarto Curug, Tangerang, oleh  perusahaan EHang China yang berkapasitas dua orang.

    “Kalau yang akan diuji coba di Samarinda ini taksi terbangnya untuk lima orang, sehingga kapasitasnya lebih besar,” kata Ali. (berbagai sumber)

    Editor: Yayu

    Baca Juga :   Bapanas-Bulog Dinilai Abaikan Prinsip Regulator Pangan Nasional

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI