Indonesia Dinilai Masih Menjanjikan Bagi Investor Industri Otomotif

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Indonesia dinilai masih menjanjikan bagi investor di tengah lesunya industri otomotif di kuartal pertama tahun 2024 ini. Pengamat Otomotif sekaligus akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Martinus Pasaribu mengatakan, Indonesia masih unggul dengan populasi terbesar keempat di dunia, dimana kelas menengah sebagai segmen pembeli terbesar yang terus bertumbuh.

    “Penurunan awal tahun ini tidak semestinya menjadi indikator permanen yang menyurutkan minat pabrikan untuk berinvestasi di Indonesia. Kita memiliki populasi terbesar keempat di dunia, dengan kelas menengah yang terus bertumbuh. Hal ini menunjukkan potensi pasar otomotif yang sangat besar dan menjanjikan bagi investor,” kata Yannes, seperti dikutip Wartabanjar.com dari Antara, Rabu (03/07/2024).

    Penurunan signifikan dari penjualan sektor otomotif di awal tahun ini, menurut Yannes, disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya ketidakpastian ekonomi akibat pemilu.

    Baca juga: Dahlan Iskan Diperiksa KPK Gara-Gara Kasus ini

    Daya beli masyarakat pun turut melemah, mempersempit ruang bagi pembelian kendaraan. Kenaikan harga kendaraan yang tak terelakkan akibat inflasi, pajak, dan kelangkaan chip semikonduktor semakin memberatkan situasi. Di sisi lain, gangguan rantai pasokan global turut memperparah keadaan.

    “Berbagai faktor berkontribusi terhadap situasi ini, mulai dari ketidakpastian ekonomi akibat pemilu, menjadi salah satu faktor utama, menyebabkan konsumen menunda pengeluaran besar, termasuk pembelian kendaraan yang bertambah mahal dengan bunga kredit yang semakin tinggi,” ucapnya.

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI