DPR Minta Pemerintah Lakukan Spending Better Belanja Negara

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – DPR RI mendorong pemerintah untuk melakukan spending better alias menghentikan pengeluaran yang tidak perlu dalam belanja negara. Karena itulah pemerintah perlu menghentikan proyek-proyek mercusuar yang bukan menjadi prioritas.

    Anggota Komisi XI DPR RI Ecky Awal Mucharam mengatakan, pemerintah harus memperkuat ketahanan sosial masyarakat miskin. Karena itulah pemerintah juga harus menunda kenaikan kebutuhan pokok.

    “Berikutnya, pertebal bantalan sosial bagi masyarakat miskin dan rentan. Kenaikan harga pangan, energi, dan listrik punya dampak instan dalam memukul masyarakat miskin dan mereka yang rentan untuk jatuh dalam jurang kemiskinan,” ujarnya.

    Baca juga: KPK Usut Dua Kasus Korupsi PT Asuransi Jasa Indonesia

    Dirinya menilai jika kondisi menurunnya penerimaan negara yang disebabkan anjloknya harga komoditas terus berlangsung, maka dikhawatirkan beban utang akan terus bertambah.

    Saat ini utang pemerintah sudah sekitar Rp8.262 triliun alias mengalami peningkatan, bahkan mencapai lebih dari Rp5.000 triliun sejak 2014.

    “Jika proyek-proyek mercusuar terus jalan, dan penerimaan terus merosot karena komoditas mulai menurun, maka beban utang akan terus bertambah. Bahkan, untuk pembayaran bunga saja pada 2024 sudah mencapai 15 persen dari total belanja negara. Saya khawatir bukan hanya soal utang yang terus meningkat, namun juga persoalan crowding out dana publik,” jelas Ecky Awal dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

    Baca juga: Kebakaran Rumah Wartawan di Karo, Dewan Pers: Bentuk Tim Investigasi!

    Baca Juga :   Begini Hitung-hitungan Potongan Gaji Karyawan untuk Iuran Wajib Tapera

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI