Jawaban Menag RI Soal Video Viral Jemaah Protes Berdesakan di Mina

    WARTABANJAR.COM – Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas menjawab mengenai keluhan jemaah saat berada di Mina dan harus berdesak-desakan.

    Dinamika di Mina, katanya menjadi bagian yang akan dievaluasi. Menurutnya, wilayah Mina jelas batasannya dan sangat terbatas. Dengan kuota 213.320 jemaah, ruang yang tersedia kurang dari 0,8 meter persegi per orang.

    Mina dari dulu seperti itu. Sejak kuota kembali normal pada 2017, isunya selalu soal kepadatan. Sehingga, menerima tambahan kuota selalu menjadi berkah sekaligus tantangan,” kata Gus Men.

    Baca Juga

    Buaya Kembali Terlihat di Pantai Sungai Cuka Kabupaten Tanbu 

    “Dalam keterbatasan wilayah, ada tantangan kenyamanan, bahkan keselamatan jiwa. Ini yang perlu menjadi pertimbangan,” lanjutnya.

    “Alhamdulillah kita bersyukur, proses puncak haji berjalan lancar,” katanya lagi.

    Ditambahkan Menag, pihaknya akan segera menggelar evaluasi atas penyelenggaraan haji tahun ini. Sejumlah catatan akan menjadi bahan perbaikan untuk musim haji mendatang.

    “Kita tetap akan upayakan kuota tambahan dalam jumlah yang terukur untuk tetap menjaga kenyamanan dan keselamatan jemaah,” tegasnya.

    Sebelumnya video jemaah haji asal Kota Bogor melakukan protes soal tenda di Mina viral di media sosial, Selasa (18/6).

    Tenda di Mina yang diperuntukkan istirahat jemaah haji dianggap kurang layak. Satu tenda diperuntukkan 160 jemaah.

    Dilansir dari akun Instagram @bogor_update yang memperlihatkan kondisi di dalam tenda dipenuhi oleh para jamaah yang kesulitan untuk tidur atau sekedar berbaring karena tenda yang sempit.

    Baca Juga :   Keren! Belasan Penerjun Payung Wanita TNI-Polri Beraksi di Monas

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI