Dinas PUPR Kalsel Gelar Bimtek Pengelolaan Air Limbah Libatkan Dinkes, PMD dan Bappeda Kabupaten/Kota

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Peningkatan kualitas hidup masyarakat di antaranya melalui pengelolaan air limbah, menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

    Pemprov melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan air limbah domestik mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Air Limbah Domestik Provinsi Kalimantan Selatan 2024 di Banjarmasin.

    Peserta Bimtek ini berasal dari Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Bappeda se Kabupaten dan Kota Se-Kalsel dan kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dari 20-22 Mei 2024.

    Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan diwakili oleh Kepala Bidang Penataan Ruang dan Pertanahan, Muhammad Nursjamsi.

    Baca juga: Harga Cabai Melonjak di Pasar Tradisional Banjarmasin, Disdag Kalsel Sebut Ini Pemicunya

    Muhammad Nursjamsi menyampaikan bahwa pengelolaan air limbah domestik mempunyai kaitan yang erat dengan aspek kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan, sosial, budaya, dan kemiskinan.

    “Dalam perkembangan yang begitu pesat di perkotaan, jumlah penduduk yang semakin bertambah memberikan kontribusi besar terhadap pencemaran air limbah dari rumah tangga dan industri. Hal ini berdampak buruk pada lingkungan dan pasokan air bersih masyarakat, apabila tidak diatasi sejak dini,” kata Nursjamsi, Senin (20/5/2024).

    Ia mengatakan penanganan air limbah harus dilakukan secara terintegrasi dan sistematis oleh semua pihak terkait.

    Baca Juga :   Peringatan Harganas ke-31 Provinsi Kalsel, Terungkap Angka Stunting Kalsel 21,5 Persen

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI