Pendapatan Provinsi Kalsel Tak Hanya Capai Target, Juga Peringkat Pertama Persentase Pendapatan APBD Se Indonesia 2023

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARU – Provinsi Kalimantan Selatan peringkat pertama dalam persentase realisasi pendapatan APBD Provinsi se Indonesia tahun anggaran 2023. Hal itu sesuai data Ditjen BIna Keuangan 2023.

    Diungkapkan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian pada Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Jakartanya pada 18 Desember 2023 lalu.

    Pada 10 daerah tertinggi persentase realisasi pendapatan APBD Provinsi se Indonesia, dibawah Provinsi Kalimantan Selatan yang 98 persen ada Provinsi Papua Tengah, Prov DKI Jakarta, Provinsi DI Yogyakarta, Provinsi Aceh, Provinsi Sulawesi Barat, Prov Kep  Bangka Belitung, Provinsi Jawa Barat, Prov Papua Pegunungan dan Provinsi Jawa Timur.

    Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor melalui Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kalsel, Subhan Nor Yuamil menjelaskan, pendapatan pajak didominasi pajak daerah yakni Rp 3,6 triliun, meliputi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama (BBN-KB), Pajak Air Permukaan (PAP), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), dan pajak rokok.

    “Sektor PBBKB ini cukup besar yakni Rp 2 Triliun lebih atau 101,30 persen. Untuk pajak rokok, kami masih menunggu pencairan terakhir agar bisa 100 persen, yang mana baru Rp  243 miliar atau terealisasi 71,03 persen dari target sebesar Rp 342 miliar,” bebernya.

    Subhan membeberkan, retribusi daerah seperti pelayanan jasa umum, pelayanan kesehatan, dan pelayanan pendidikan, realisasinya mencapai Rp 19,82 miliar atau 96,54 persen.

    Sedangkan dari jasa usaha ada enam komponen di dalamnya, juga melebihi target dengan capaian Rp 8,4 miliar lebih atau 106,26 persen.

    Baca Juga :   Ada Pemandaman Listrik di Kota Banjarmasin Sabtu Ini, Cek Ini Lokasinya

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI