Hukum Berdzikir Sambil Main Handphone, Begini Penjelasan Ustadz

    WARTABANJAR.COM Ada pertanyaan terkait penggunaan handphone (hp) yang pastinya dipakai setiap hari dan hampir setia menit dipegang penggunanya.

    Seorang jemaah, menanyakan kepada pengasuh Bahtsul Masail NU Online terkait penggunaan hp saat tengah berdzikir.

    Yang menjadi pertanyaan, bagaimana hukum berdzikir sambil main handphone apakah diperbolehkan dan mendapatkan pahala? Atau justru sebaliknya, itu tindakan yang dilarang dalam Islam?

    Menurut Ustadz Zainuddin Lubis, Pegiat kajian Islam, tinggal di Ciputat, sebagaimana dilansir NU Online, dalam Islam, dzikir merupakan amalan yang sangat berharga, yang diajarkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Sejatinya, dzikir bentuk pengingat seorang Muslim terhadap Tuhan yang telah menciptakan dirinya, yakni Allah SWT.

    Dzikir dilakukan dengan menyebut dan mengingat nama-nama Allah, sifat-sifat-Nya, dan pujian penuh cinta pada Rabb.

    Selanjutnya, berdzikir memiliki banyak manfaat spiritual dan psikologis, serta menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas hubungan antara manusia dengan Tuhannya.

    Dzikir membantu seorang Muslim untuk senantiasa merasa dekat dengan Allah SWT dan meningkatkan kesadaran akan kehadiran-Nya dalam setiap aspek kehidupan.

    Dengan berdzikir, seorang Muslim dapat melepaskan diri dari keasyikan dunia yang sering kali memalingkan hati dari mengingat Allah.

    Lebih jauh, berdzikir secara konsisten membantu menyucikan hati dan pikiran dari berbagai beban dan kecemasan dunia.

    Bagi orang yang tengah dilanda stres dan rasa cemas, dianjurkan dzikir sebagai penghibur dan obat. Penjelasan ini termaktub dalam Al-Quran, Q.S ar Ra’d [13] ayat 28, yang artinya; “(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan selalu tenteram.”

    Baca Juga :   Jajal Trek Terjal Loksado, Yamaha Gelar NMAX Turbo Tour Boemi Nusantara 2024 di HSS

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI