Korban Bencana Lahar Dingin Lumajang Bakal Direlokasi

    WARTABANJAR.COM – Pemerintah Kabupaten Lumajang akan merelokasi warga yang bermukim di dekat daerah aliran sungai (DAS) lahar Gunung Semeru ke Hunian Tetap di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro.

    “Pindah ini nanti ya ke hunian tetap. Jangan di sini ya, ini bahaya di sini, nanti pindah ya kan sudah punya rumah di sana (hunian tetap, red),” ungkap Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat menemui warga yang rumahnya terdampak banjir lahar dingin di Dusun Bondeli Selatan, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Sabtu (8/7/2023).

    Thoriq juga mengungkapkan, bahwa ada sekitar 15 KK yang rumahnya terendam banjir di Dusun Bondeli Selatan. Sebagian besar rumah terendam berada tepat di tepian tanggul yang jebol.

    Lanjut dia, saat ini tanggul yang jebol sudah mulai diperbaiki darurat dengan merubah arah aliran sungai ke arah yang menjauhi pemukiman warga.

    Baca Juga

    Evakuasi Mayat dari Sungai Aning Astambul Berlangsung Dramatis

    Dua alat berat diterjunkan untuk mempercepat proses tersebut. Sembari menunggu asesmen dari Kementerian PUTR, pemerintah akan membuat tanggul non permanen dengan memasang sandbag atau gronjong penahan aliran sungai.

    Dalam kesempatan itu, semua warga yang terdampak di sekitar Sungai Bondeli diberikan bantuan logistik dari Dinas Sosial PPA Kabupaten Lumajang. (MC Kab. Lumajang)

    Editor Restu

    Baca Juga :   Gempa Magnitudo 6.4 Mengguncang Gorontalo

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI