Indahnya Air Terjun Mandin Mangapan di Paramasan Atas Kabupaten Banjar

    YUK kunjungi air terjun Mandin Mangapan berlokasi di Desa Paramasan Atas, Kecamatan Peramasan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

    Untuk menuju air terjun ini perlu memutar ke jalan alternatif penghubung Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tanah Bumbu.

    Memiliki ketinggian lebih kurang 30 meter, berada di pedalaman hutan hujan tropis Kalimantan Selatan yang masih asri yaitu di Gunung Ambilatau Desa Paramasan Atas.

    Jarak untuk menempuh perjalanan kurang lebih akan menghabiskan waktu selama 3 jam dari Loksado dengan menggunakan sepeda motor menuju Kecamatan Paramasan.

    Baca Juga

    5 Kapal Penumpang Disiapkan KSOP Tingkap 1 Banjarmasin

    Saat perjalanan pengunjung akan melewati lokasi pedesaan Bancing dan Peramasan Atas yang dihuni oleh masyarakat suku Dayak Paramasan. Perjalanan kesana bisa menikmati banyak pemandangan pegunungan yang luas dan hijau.

    Jalur yang ditempuh sekarang sudah mulus dan sudah bisa dilalui mobil meski sekarang masih tahap pengembangan. Sekitar 25 km sebelum sampai lokasi jalan yang dilalui masih belum diaspal.

    Di perjalanan menuju desa Paramasan Atas, juga terdapat air terjun cantik yang lokasinya persis disisi jalan raya. Air terjun ini dinamakan air terjun Pinggir Jalan. Tingginya kurang lebih 10 meter.

    Dari desa Paramasan Atas ini, untuk sampai ke air terjun jalur yang ada hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki sekitar 5-10 menit sesuai kecepatan masing-masing.

    Sebelum melanjutkan perjalanan jalan kaki, kalian akan menjumpai bangunan unik yang berbentuk rumah adat suku khas Banjar dan papan nama air terjun Mandin Mangapan serta gazebo.

    Baca Juga :   Distribusi Air Banjarbaru dan Kabupaten Banjar Mati, PTAM Intan Banjar Mohon ini ke Balai Wilayah Sungai

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI