Mau Tahu? Ini 5 Makanan yang Dilarang untuk Buka Puasa Ramadan, Ada Kopi Lho!

    WARTABANJAR.COM – Waktu berbuka puasa, adalah saat paling ditunggu-tunggu saat menjalankan ibadah puasa wajib di bulan Ramadan.

    Umat Islam perlu mengetahui ada makanan yang dilarang untuk buka puasa.

    Nah, untuk lebih jelasnya simak bahasan di bawah yang mengupas lima makanan yang dilarang untuk buka puasa.

    Banyak orang jadi lapar mata dan ingin makan atau minum banyak hal di waktu berbuka karena sudah berpuasa seharian penuh. Padahal buka puasa ada adabnya. Kamu harus memakan makanan yang disarankan, misalnya kurma atau pisang.

    Namun seperti sudah disinggung tadi, karena sudah tidak makan dan minum seharian, maka saat berbuka jadi rakus dan ingin mengonsumsi banyak makanan dan minuman dingin. Padahal makanan dan minuman tersebut tidak baik dikonsumsi waktu berbuka. Memang apa saja yang tidak boleh dikonsumsi saat berpuasa?

    1. Makanan Pedas

    Orang Indonesia memang rata-rata suka makanan pedas. Kalau di hari-hari biasa kamu memang tidak masalah mengonsumsi makanan pedas. Namun kalau kamu makan-makanan pedas ketika buka puasa, perutmu kan masih kosong, kalau langsung konsumsi makanan pedas yang ada bisa bikin sakit perut.

    2. Gorengan

    Pernah kepikiran tidak kok kamu tambah lebar setelah bulan Ramadan? Jawabannya mungkin saja karena selama bulan puasa kamu berbuka dengan makan gorengan. Gorengan mengandung lemak jenuh yang mana hal itu bisa bikin kolestrol jahat dalam tubuh bertambah. Lalu gorengan karena berminyak cenderung sulit dicerna di perut. Makanan ini dapat mempengaruhi kerja usus dan meningkatkan produksi gas di lambung.

    3. Makanan Bergas

    Beberapa orang ada yang buka puasa langsung dengan makanan bergas, misalnya gandum atau produk olahan susu. Mengonsumsi makanan bergas ketika perut kosong dapat meningkatkan risiko asam lambung bagi orang yang mengonsumsinya.

    4. Minuman Bersoda

    Godaan terbesar di bulan puasa adalah rasa haus. Ketika waktunya berbuka, kamu pasti ingin minum minuman yang menyegarkan. Di bulan puasa, salah satu iklan yang sering muncul adalah iklan minuman bersoda. Iklannya yang menggoda membuat kamu berpikir minuman tersebut akan melepaskan dahagamu.

    Padahal minuman bersoda tidak disarankan diminum di waktu berbuka. Itu karena mengonsumsi minuman bersoda saat perut kosong dapat menyebabkan rasa mual akibat timbunan gas dalam perut sehingga menyebabkan kamu asam lambung. Selain itu, minuman bersoda juga dapat meningkatkan risiko obesitas karena kandungan gula di dalamnya yang berlebih.

    5. Kopi

    Minum kopi saat ini sudah menjadi gaya hidup. Pagi, siang, sore, malam orang-orang tampak memegang segelas kopi. Namun kamu harus hati-hati di bulan puasa. Pasalnya saat mengonsumsi kopi ketika perut kosong dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jadi bukannya sehat selama bulan Ramadan, yang ada malah kamu jadi sakit asam lambung.

    Demikian lima makanan yang dilarang untuk buka puasa. Jadi bukan tanpa alasan ya makanan-makanan tersebut dilarang, Itu karena lima makanan tadi dapat menyebabkan kamu sakit.(wartabanjar.com/berbagai sumber)

    editor : didik tm

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI