36 Personel DPKP dan Relawan Damkar Banjarmasin Ikuti Latdas, Datangkan Instruktur dari Jakarta

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Anggota dan relawan Pemadam Kebakaran Kota Banjarmasin mendapatkan pelatihan selama satu minggu.

    Diadakan di kawasan RTH Kamboja Banjarmasin, pelatihan dasar pemadam kebakaran ini digagas oleh Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Pemerintah Kota Banjarmasin.

    Dalam pelatihan dasar ini, DPKP Banjarmasin mengundang khusus instruktur pemadam kebakaran dari DKI Jakarta

    Pelatihan ini dilakukan selama 70 jam dalam seminggu.

    Muhlis Rida, Sekretaris DPKP Kota Banjarmasin, mengungkapkan ada sekitar 36 anggota maupun relawan pemadam kebakaran yang terlibat untuk mengikuti pelatihan dasar tersebut.

    “Dan dari 36 itu hanya ada 35 yang dinyatakan lulus pelatihan dan 1 orang yang tidak lulus itu karena tidak bisa melanjutkan pelatihan selanjutnya,” ujar Muhlis.

    Manfaat dari Pelatihan dasar ini untuk meningkatkan kemampuan para anggota dan relawan agar bisa menjalankan tugasnya di lapangan dengan maksimal.

    “Ini juga merupakan evaluasi bagi kami semua yang bertugas di lapangan. Apalagi jika melihat catatan beberapa insiden kelalaian petugas dan relawan terhadap keselamatan yang terjadi beberapa waktu lalu,” terang Muhlis.

    “Jadi dengan di adakannya pelatihan ini, diharapkan semua bisa menggunakan ilmu yang didapat dalam pelatihan dan tentunya sesuai SOP nya,” tukas Muhlis.

    Kepala Pleton dan Instruktur Damkar dan Penyelamatan DKI Jakarta, Sumarno, mengatakan pelatihan dasar ini sebagai pembekalan bagi petugas dan relawan dalam mengurangi resiko kebakaran maupun resiko kecelakaan.

    Baca Juga :   Seorang IRT di Kotabaru Nyaris Jadi Korban Jambret, Pelaku Sedang Diburu Polisi

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI