Jelang Ramadhan Februari-Maret, Indonesia Bakal Panen Raya Sekitar 1 Juta Hektar

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA- Sebentar lagi panen raya, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan panen raya akan berlangsung sepanjang Februari-Maret 2023 ini.

    Diperkirakan bakal ada satu juta hektar sawah yang akan panen pada periode ini.

    Hal ini diungkapkan Syahrul usia rapat terbatas (ratas) jelang Ramadhan bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (24/2/2023).

    “Kementerian Pertanian akan ada panen raya sekitar 1 juta hektar pada Februari masuk Maret ini sehingga puncak panen raya akan terjadi di sekitar ini,” kata Syahrul.

    Menurutnya, para menteri diminta untuk saling dukung memastikan ketersediaan stok pangan menjelang Ramadhan agar bisa mencukupi.

    “Secara khusus beliau (presiden) sangat detail berapa panen kita terhadap padi untuk kesiapan beras pada Januari, Februari sampai Maret,” tuturnya.

    Syahrul juga mengungkapkan saat ini diperlukan perbaikan logistik agar distribusi berbagai komoditas bisa berjalan.

    Ia pun mengaku telah bekerja sama dengan pemerintah daerah, para gubernur, dan bupati/wali kota.

    “Oleh karena itu tentu ketersediaan ini tidak hanya berjalan sendiri. Harus diikuti dengan distribusi dan sebagainya sehingga normalisasi dari harga beras itu bisa dicapai,” tuturnya.

    Selain harga beras, Jokowi juga menyoroti ketersediaan stok 12 komoditas lainnya yang ada menjelang bulan puasa, seperti jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daging sapi, daging ayam, telur, dan gula.

    Untuk itu, Syahrul mengaku akan bekerja sama dengan berbagai sektor untuk memastikan ketersediaan dan distribusi 12 komoditas ini. (berbagai sumber)

    Editor: Yayu

    Baca Juga :   Stand Batola Juara 3 Stand Terbaik Kabupaten di Expo Kalsel 2024

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI