Pakar Sebut Ada Hubungannya Antara Cuaca Ekstrem dengan Pemanasan Global

    “Kalau pemanasannya ini bertambah karena gas rumah kaca tadi, maka siklus hidrologi yang seperti rantai tadi akan berputar lebih cepat,” ujarnya.

    “Karena berputar lebih cepat, artinya lebih cepat juga terjadi penguapan, lebih intens, lebih deras hujannya, jadi lebih basah sekaligus lebih kering,” imbuhnya.

    Didi menambahkan cuaca ekstrem sebetulnya sebuah fenomena yang normal, tetapi kini cenderung bertambah intensitasnya karena perbuatan manusia.

    “Yang pertama itu, yang kita kenal pemanasan global. Akibat pembakaran fosil berlebih membuat perubahan iklim. Perubahan iklim ini pada dasarnya meningkatkan siklus hidrologi,” jelasnya.

    Selain itu, berubahnya tata guna lahan di perkotaan juga disebut mengurangi kualitas lingkungan, sehingga meningkatkan cuaca ekstrem dan potensi bencana.

    Lantas, apa penyebab pemanasan global?

    Dikutip dari situs Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, global warming yang menjadikan bumi semakin panas ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

    1. Gas Rumah Kaca

    Gas rumah kaca ini terjadi karena pembakaran minyak bumi, batu bara, dan gas alam. Gas yang paling berpengaruh adalah karbon dioksida (CO2).

    Semua hal tersebut menyebabkan panas di Bumi tidak diteruskan ke luar angkasa, tapi terperangkap di atmosfer dan kembali lagi ke Bumi.

    Sebenarnya, efek rumah kaca ini bisa bermanfaat untuk kehidupan manusia karena membuat hangat, namun hal ini jadi berbahaya jika berlebihan.

    2. Penggunaan CFC berlebihan

    Gas Chlorofluorocarbon (CFC) merupakan bahan kimia yang diproduksi untuk berbagai peralatan rumah tangga seperti AC atau pendingin dan kulkas.

    Penggunaan CFC berlebihan dapat merusak molekul di lapisan ozon yang bertugas melindungi Bumi dari paparan sinar ultraviolet dan radiasi Matahari.

    Baca Juga :   7 Remaja Tewas Mengapung di Kali Bekasi, Polisi Usut Penyebab dan Proses 15 Tersangka

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI