Peringatan 57 Tahun G30S/PKI, Berikut ini 5 Peristiwa Penting Jelang Pemberontakan PKI 30 September 1965

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN- Hari ini, Jumat (30/9/2022) adalah peringatan hari G30S/PKI tahun 2022.

    Peristiwa kelam yang terjadi di Indonesia pada 30 September 1965 atau 57 tahun silam itu hingga sekarang selalu diperingati karena menjadi bagian dari sejarah bangsa Indonesia di masa Orde Lama.

    Peristiwa G30SPKI atau gerakan 30 September yang dilancarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) menjadi catatan hitam dalam sejarah bangsa Indonesia.

    Peristiwa itu terjadi ketika enam Jenderal militer dan satu perwira beserta beberapa orang lainnya terbunuh dalam suatu usaha kudeta yang gagal.

    Mengutip berbagai sumber, Dipa Nusantara Aidit atau DN Aidit, pemimpin terakhir PKI menjadi dalang peristiwa berdarah tersebut.

    Di bawah kendali DN Aidit, perkembangan PKI semakin nyata walaupun diperoleh melalui sistem parlementer.

    Sebelum terjadi peristiwa berdarah itu, ada lima kejadian penting terjadi menjelang pemberontakan PKI dan pembantaian 7 tokoh tersebut.

    Berikut ini lima peristiwa menjelang pemberontakan G30S/PKI tanggal 30 September 1965:

    1. Dominasi Ideologi Nasakom

    Soekarno mencetuskan Konsep Nasionalisme, Agama, dan Komunisme (Nasakom). Diberlakukan dengan seimbang dan menjadi ciri khas sejak masa Demokrasi Terpimpin (1959-1965).

    2. Pertentangan PKI dan TNI

    Perseteruan antara PKI dan TNI dimulai oleh tidak setujunya TNI diberlakukannya Nasakom karena dianggap tidak sesuai dengan Pancasila.

    Akibat pertentangan tersebut membuat hubungan keduanya makin tidak harmonis, apalagi setelah muncul banyak hasutan dan konfrontasi antara rakyat dan TNI.

    Baca Juga :   Komnas Perempuan Apresiasi Penunjukkan Brigjen Desy Jadi Direktur Dit PPA-PPO

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI