Remaja Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel dalam Bentrokan di Tepi Barat

    WARTABANJAR.COM, TEPI BARAT- Seorang remaja Palestina berusia 16 tahun tewas ditembak tentara Israel dalam bentrokan yang pecah di Tepi Barat.

    Bentrokan terjadi di lokasi ratusan warga Palestina memprotes ekspansi permukiman Israel di wilayah pendudukan tersebut.

    AFP melaporkan Sabtu (30/7/2022), remaja itu bernama Amjad Nashaat Abu Alia (16) menurut keterangan dari Kementerian Kesehatan Palestina.

    Disebutkan juga bahwa bentrokan itu terjadi di dekat desa Al-Mughayer, tidak jauh dari Ramallah, pada Jumat (29/7/2022) waktu setempat.

    “Tewas karena luka-luka kritis akibat peluru tajam di dada,” sebut Kementerian Kesehatan Palestina dalam pernyataannya.

    Seorang fotografer AFP di lokasi bentrokan melaporkan sekitar 300-400 warga Palestina berkumpul untuk mengikuti aksi memprotes perluasan permukiman Israel di wilayah Tepi Barat.

    Bentrokan pecah ketika para penjajah Israel dan warga Palestina mulai saling melemparkan batu.

    Militer Israel dalam pernyataan terpisah kepada AFP menyatakan pihaknya melakukan intervensi setelah ‘ratusan warga Palestina menghasut kerusuhan sarat kekerasan.’

    Disebutkan militer Israel bahwa tentara dan polisi perbatasan menanggapi dengan ‘cara-cara pembubaran kerusuhan dan tembakan langsung.’

    Bentrokan itu terjadi setelah dua warga Palestina tewas dalam penggerebekan malam hari oleh tentara Israel di Nablus pada Minggu (24/7/2022) pagi pekan lalu.

    Militer Israel menyebut insiden itu sebagai baku tembak dengan pria bersenjata.

    Sedikitnya 53 warga Palestina tewas sejak akhir Maret, kebanyakan di Tepi Barat, dengan di antara mereka diduga militan dan juga non-kombatan, termasuk wartawan Al Jazeera Shireen Abu Akleh yang berkewarganegaraan ganda Palestina-Amerika.

    Dalam periode waktu yang sama, sedikitnya 19 orang, sebagian besar warga sipil Israel di dalam wilayah Israel tewas, dengan kebanyakan dalam serangan yang didalangi warga Palestina.

    Baca Juga :   Nyamuk Bawa Virus Mematikan Landa Israel, Seratusan Terinfeksi dan Kritis, Lima Tewas

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI