3 Amalan Ini Pahalanya Setara Ibadah Haji dan Umrah

    WARTABANJAR.COM – Ada tiga amalan dengan limpahan pahala Allah SWT yang terlihat sederhana dan tidak sulit dikerjakan, tetapi Allah SWT memberikan ganjaran besar.

    Di beberapa hadits dijelaskan, ada beberapa amalan jika dilakukan dengan penuh keikhlasan dan konsisten, maka pahala dari amalan tersebut setara dengan ibadah haji dan umrah.

    Pertama, salat jamaah lima waktu di masjid dan shalat dhuha. Shalat berjamaah lebih utama dibanding shalat sendirian. Selain mendapatkan pahala dua puluh tujuh kali lipat, shalat berjamaah di masjid juga dilimpahkan pahala ibadah haji bila dilakukan terus-menerus.

    Sementara orang yang mengerjakan salat dhuha di masjid dihadiahi pahala ibadah umrah. Penjelasan ini didasarkan pada hadits riwayat Abu Umamah bahwa Rasulullah berkata.

    من خرج من بيته متطهرا إلى صلاة مكتوبة فأجره كأجر الحاج المحرم، ومن خرج إلى تسبيح الضحى لا ينصبه إلا إياه فأجره كأجر المعتمر

    Artinya, “Siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk menunaikan shalat fardhu akan diberikan pahala ibadah haji. Sementara orang yang keluar rumah untuk mengerjakan shalat dhuha dan tidak ada tujuan lain selain itu, maka akan diberikan pahala umrah,” (HR Abu Daud).

    Kedua, zikir setelah salat shubuh berjamaah sampai terbit matahari, lalu salat dua rakaat.

    Selain salat lima waktu, orang yang berzikir setelah salat shubuh juga diberikan pahala ibadah haji dan umrah. Syaratnya, dia harus tetap berzikir di masjid sampai terbit matahari, kemudian mengerjakan salat sunnah dua rakaat.

    Hal ini berdasarkan riwayat dari Anas bahwa Rasulullah berkata.

    Baca Juga :   Pelantikan Serentak Dinilai Rugikan Hak Konstitusional, Gubernur Kalsel Gugat UU PIlkada ke MK

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI