Menteri ESDM Isyaratkan Bakal Menaikan Harga Pertalite dan Solar

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Masyarakat harus kembali bersiap-siap mengatur keuangan, lantaran bakal ada penambahan pengeluaran terutama untuk BBM.

    Pasalnya, Pemerintah melalui kementerian terkait memberi isyarat akan menaikan harga
    Pertalite dan solar.

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, memberikan sinyal bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis bensin Pertalite (RON 90) dan Solar akan dinaikkan.

    Arifin menyebut, pemerintah dalam jangka menengah akan melakukan penyesuaian harga Pertalite dan minyak Solar sebagai respons atas lonjakan harga minyak dunia.

    “Strategi menghadapi dampak kenaikan harga minyak dunia, untuk jangka menengah.. akan dilakukan penyesuaian harga Pertalite, minyak Solar, dan mempercepat bahan bakar pengganti seperti Bahan Bakar Gas (BBG), bioethanol, bio CNG, dan lainnya,” ungkapnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (13/04/2022), dilansir CNBC.

    Seperti diketahui, harga bensin Pertalite dan Solar subsidi pada periode 1 April 2022 ini tidak mengalami perubahan, di mana masing-masing masih dipertahankan pada Rp 7.650 per liter dan Rp 5.150 per liter.

    Sementara harga Pertamax (RON 92) sudah dinaikkan menjadi Rp 12.500 – Rp 13.000 per liter dari sebelumnya Rp 9.000 – Rp 9.400 per liter.

    Sedangkan harga Solar non subsidi kini sudah dibanderol sebesar Rp 12.950 – Rp 13.550 per liter untuk jenis Dexlite (CN 51). Artinya, ada selisih setidaknya Rp 7.800 per liter dengan harga Solar bersubsidi.

    Selain itu, lanjutnya, dalam jangka menengah ini, pemerintah juga akan meningkatkan cadangan operasional menjadi 30 hari dan manajemen stok secara jangka panjang, serta melakukan optimalisasi campuran Bahan Bakar Nabati (BBN) dalam Solar.

    Baca Juga :   Nasabah Bank Kalsel, Robainah Raih Undian Tabungan Simpeda Rp 50 Juta

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI