Lakukan Amalan-Amalan Sunah Nabi Muhammad ini Selama Bulan Puasa Ramadhan Agar Jadi Orang Bertakwa

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN-Di bulan puasa Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dari hari-hari biasa.

    Ustadz Adi Hidayat dalam ceramahnya yang diunggah di kanal YouTube-nya, Adi Hidayat Official mengatakan ada beberapa amalan sunah yang kerap dilakukan Nabi Muhammad selama bulan puasa Ramadhan.

    Tujuan memperbanyak amalan kebaikan di bublan penuh berkah ini adalah agar pelakunya menjadi manusia yang bertakwa sesuai dengan firman Allah di Surah Albaqarah ayat 83.

    Berikut ini beberapa amlan sunah Nabi Muhammad selama bulan puasa Ramadhan:

    1. Meningkatkan salat. Meningkatkan salat di sini berarti ibadah salatnya ditambah dengan salat sunah selain yang wajib, misalnya salat sunah rawatib (ada 12 kali dalam sehari semalam).

    “Ini ada hadisnya menurut riwayat Ibnu Umar, yaitu kalau konsisten melakukan ini sampai meninggal dunia maka akan dibangunkan Allah satu rumah di surga,” ujar Ustadz Adi Hidayat.

    Selain itu, perbanyak juga amalan sunah lainnya seperti mengaji Alquran, berzikir, salata berjemaah di masjid, tafakkur, dan sebagainya.

    2. Selain itu, Nabi Muhammad juga menganjurkan kita agar memperbanyak infak dan sedekah selama bulan puasa.

    “Ada hadisnya kan, siapa yang memberikan sebiji kurma saja untuk orang lain berbuka puasa maka pahalanya besar sekali. Rajin-rajin infak juga. Nabi Muhammad dalam satu riwayat disebutkan bahkan sangat menyokong para sahabatnya yang ingin bersedekah dan berinfak selama bulan puasa,” katanya. (brs)

    Editor: Yayu Fathilal

    Baca Juga :   Marak PHK, Cak Imin Minta Pemerintah Optimalkan Industrialisasi

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI