Pj Gubernur Kalsel Harapkan Sungai Martapura Seperti Chao Phraya di Thailand

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA menginginkan Sungai Martapura menjadi obyek wisata yang dikenal bersih dan banyak event-event serta kegiatan yang mengusung kearifan lokal digelar di Sungai Martapura ini. Seperti Sungai Chao Phraya di Thailand.

    Dia juga mengatakan, Sungai Chao Phraya  atau Sungai Raja merupakan destinasi wisata di Thailand, Bangkok yang sangat populer bagi wisatawan. Dengan menaiki perahu di sepanjang sungai utamanya.

    Chao Phraya mengalir di sekitar gedung pencakar langit, pasar, rumah mewah, kuil, perumahan, pusat perbelanjaan, dan area terbuka hijau yang indah.

    Tidak mustahil Sungai Martapura demikian. Nanti akan dibuat restoran terapung dan program bina masyarakat yang hidup di seputar sungai.

    “Rencana ini akan bisa terwujud bila ada kolabarasi yang baik  semau pihak terkait,” tegasnya.

    Diungkapkannya saat menandatangani nota kesepakatan tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan sub daerah aliran sungai (DAS) Martapura melalui Program Sungai Martapura Bungas (Bersih, Unggul dan Asri) dilakukan di Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin,  Kamis (19/7/2021).

    Lebih lanjut Safrizal ZA mengatakan, kerja sama ini dalam rangka percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan sungai Martapura melalui revitalisasi yang akan melibatkan beberapa pekerjaan, mulai lingkungan hidup, kesehatan, transportasi, pariwisata, serta pembangunan masyarakat desa, termasuk di dalamnya nanti terkait pekerkajan umum dan pemukiman.

    Dalam program ini, Pemprov ingin meminimalisir jamban-jambanyang tidak teratur, kemudian desa-desa yang berada di tepi sunagi menjadi desa tematik, indah menghadap sungai seperti yang ada sebagian di Kota Banjarmasin dan Banjar. Juga akan dibuat program penangkap sampah, terutama sampah dari hulu bisa ditangani.

    Safrizal juga mengharapkan, program ini mampu memperbaiki nilai indeks kualitas lingkungan (IKM) Kalsel kedepan.

    Baca Juga :   Distribusi Air Banjarbaru dan Kabupaten Banjar Mati, PTAM Intan Banjar Mohon ini ke Balai Wilayah Sungai

    Peluncuran program “Sungai Martapura Bungas” dilakukam Pemprov Kalsel sebelumnya di Desa Sungai Rangas Tengah, Kabupaten Banjar, Sabtu (5/6/2021), bersamaan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang  dihadiri Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA.

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI