Gencar Lawan Kudeta Militer Myanmar, Paing Thakon Sang “Biksu Tampan” dari Myanmar Ditangkap

    WARTABANJAR.COM, MYANMAR-Seorang selebritas paling populer di Myanmar, model dan aktor Paing Thakon, ditangkap oleh militer yang semakin menargetkan selebritas yang mengkritik kudeta oleh militer Myanmar belum lama ini.

    Paing Thakon yang memiliki banyak pengikut online dan kerap dijuluki Biksu Tampan oleh penggemarnya, ditahan pada pukul 5 pagi waktu setempat pada hari Kamis (8/4/2021) dan merupakan yang terakhir dari ribuan orang yang ditahan sejak kudeta Februari 2021 lalu.

    Pria berusia 24 tahun itu dibawa pergi setelah delapan truk yang membawa polisi dan tentara tiba di rumah ibunya di Yangon, menurut laporan media setempat.

    Kesehatannya dalam kondisi buruk pada saat itu.

    Paing Thakon. Foto: Instagram/@paing_thakon.


    Militer telah menerbitkan nama dan foto tokoh-tokoh populer dalam daftar pencarian harian di TV dan di surat kabar milik pemerintah.

    Lebih dari 100 orang sedang dicari oleh militer dan banyak yang bersembunyi.

    Pada Rabu (7/4/2021), blogger kecantikan populer Win Min Than dilaporkan diciduk oleh pasukan keamanan yang tiba di sebuah hotel tempat dia menginap bersama ibunya, menurut situs berita Irrawaddy.

    Paing Takhon yang pernah ikut dalam protes anti-kudeta, menghadapi dakwaan berdasarkan pasal 505a KUHP yang mengkriminalisasi komentar yang “menyebabkan ketakutan” atau menyebarkan “berita palsu” dan dapat mengakibatkan hukuman penjara hingga tiga tahun.

    Profil media sosialnya telah dihapus, meskipun tidak jelas siapa yang menghapusnya.

    Setidaknya sudah ada 2.750 orang mulai dari politisi, dokter, aktor sampai influencer media sosial dipenjara di Myanmar.

    Baca Juga :   WHO Laporkan Penularan Flu Burung dari Unggas ke Manusia

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI