Gerakan Revolusi Hijau Paman Birin Tanam Seribu Batang Pohon Ulin Di Tanah Bumbu, 10 Ribu Se Kalsel

    WARTABANJAR.COM, BATULICIN – Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel melalui Kantor KPH Kusan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menanam pohon ulin di hutan kota, Kecamatan Batulicin. Kegiatan ini merupakan gerakan revolusi hijau dengan menanam secara serentak 10 ribu batang pohon ulin di seluruh kabupaten di Kalsel, Jumat (12/2/2021).

    Penanaman pohon ulin di Batulicin itu sebanyak 70 batang, kemudian nantinya akan dilakukan penanaman di tiga tempat berbeda, yakni lokasi wisata Gua Liang Bangkai Kecamatan Mantewe, Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu dan Bumi Perkemahan Kecamatan Angsana.

    Adapun jumlah bibit yang ditargetkan untuk penanaman di Kabupaten Tanah Bumbu yakni sebanyak seribu batang pohon ulin.

    Menurut Kepala Seksi Perlindungan Hutan Kantor KPH Kusan, Dawan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah upaya penghijauan dengan menanam pohon endemik Kalimantan. Mengingat lahan kritis dan sangat kritis di Kabupaten Tanah Bumbu mencapai 67 ribu hektar (Ha) diduga akibat aktivitas ladang berpindah dan perambahan.

    “Namun secara perlahan tapi pasti, Pemerintah Provinsi Kalsel menggandeng Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu gencar melakukan perbaikan dengan penghijauan secara berkelanjutan, seperti kegiatan penanaman pohon ulin ini,” kata Dawan.

    Dalam penanaman di area Hutan Kota Batulicin ini jelasnya, Dinas Kehutanan selain melibatkan Pemkab Tanah Bumbu, juga personil TNI/ Polri, mahasiswa, pelajar dan pramuka. Kegiatan ini bagian dari penanaman 10 ribu batang ulin secara serentak yang dipelopori Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor melalui program revolusi hijau.

    Baca Juga :   4 Bulan Meninggal Jasad di Jalan Kasturi Banjarbaru Alami Mumifiksi, Begini Penjelasan Polisi

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI