Tali Tambat Lepas Akibat Air Pasang, Dua Tongkang Bermuatan Batu Bara Hanyut di Sungai Barito Banjar Raya

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Sempat ramai beredar di media sosial tongkang hanyut di perairan Sungai Barito, lebih tepatnya di sekitar kawasan dermaga Banjar Raya, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Jumat (3/12/2021) pagi.

    Dari video amatir yang beredar, terlihat sebuah tongkang pengangkut batu bara yang hanyut di perairan Sungai barito.

    Saat dikonfirmasi, Kasat Pol Air Polresta Banjarmasin, AKP Critugus Lirens, membenarkan adanya kejadian tersebut.

    “Benar ada dua buah tongkang yang hanyut, kejadian sekitar pukul 7-8 pagi,” ujar AKP Lirens, kepada wartabanjar.com, Jumat (3/12).

    Dia mengungkapkan, berdasarkan penuturan Kapten kapal dan ABK, kejadian hanyutnya du buah tongkang tersebut, dikarenakan air yang pasang pada malam hari.

    “Karena air yang sedang pasang, membuat posisi tali BG kedua buah tongkang tersebut lebih tinggi dari tongkat tambatan, sehingga membuat talinya terlepas dan pada saat paginya saat kondisi air sungai dan arusnya deras, membuat tongkangnya larut,” beber Kasat.

    “Ada dua buah tongkang yang larut, yaitu TB. NELLY 55 BG NELLY 88 dan TB. PATRIA 17 BG. ALRISA, yang mana pasa saat itu sedang tambat di pulau kembang,” tambahnya.

    Untungnya dalam kejadian ini tidak sampai memakan korban jiwa dan juga kerugian materil, hanya saja kejadian ini sempat menganggu arus lalu lintas sungai dikawasan tersebut. (qyu)

    Editor: Erna Djedi

    Baca Juga :   Belasan Ribu Relawan Dozer Siap Menangkan Pilkada di 6 Kabupaten Kota di Kalsel

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI