BPBD Balangan Gelar Bimtek untuk Perencanaan Pembangunan Daerah Tentang Kebencanaan

    WARTABANJAR.COM, BALANGAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemanfaatan dokumen Kajian Resiko Bencana (KRB) dalam perencanaan pembangunan Kabupaten Balangan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Best World Kindai, Banjarmasin, Senin (23/09/2024).

    Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi mengatakan, Bimtek ini sebagai tindaklanjut penyusunan KRB yang harus disosialisasikan. Hal itu agar semua memahami isi substansi dokumen KRB, baik dari BPBD sendiri maupun stakeholder terkait.

    “Sehingga nantinya dapat menjadikan dasar dan pedoman dalam penyusunan rencana pembangunan selanjutnya terutama jangka panjang maupun menengah,” ujarnya seperti dikutip Wartabanjar.com.

    Baca juga: Dishub Balangan Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024

    BPBD berpandangan bahwa dokuman KRB harus dipelajari dan pahami bersama sebagaimana dokumen teknis lainnya. Hal itu untuk dijadikan dasar penyusunan rencana pembangunan daerah.

    “Harapannya kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah daerah dan instansi terkait,” katanya.

    Dokumen KRB ini nantinya akan menjadi acuan dalam melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan saat terjadi bencana.

    “Kami berharap peserta memahami prinsip-prinsip dokumen KRB sebagai salah satu acuan dalam perencanaan pembangunan daerah,” ucapnya.

    Baca juga: Pemkab Balangan Naikkan Insentif Non-ASN dan Luncurkan Beasiswa 1000 Sarjana

    Peserta yang hadir pada kegiatan Bimtek tersebut berasal dari sejumlah perangkat daerah seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup (LH), Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Selain itu Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Bagian Perencanaan di masing-masing kecamatan juga turut menjadi peserta Bimtek.

    Baca Juga :   Head to Head Acil Odah-Rozani dengan Muhidin-Hasnur, Sama-sama Diusung 5 Parpol

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI