Gangguan Sistem IT Global Kapan Pulih? Begini Kata Pakar Digital Singapura

     

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Jutaan komputer di seluruh dunia mengalami gangguan pada tanggal 19 Juli 2024 akibat pemadaman teknologi besar-besaran, sehingga mengganggu layanan penting termasuk bank, maskapai penerbangan, kereta api, perusahaan media, dan supermarket.

    Gangguan itu dirasakan mulai dari penghentian penerbangan — penundaan di bandara dan stasiun kereta api hingga penutupan sementara supermarket karena tidak adanya pembayaran.

    Baca juga:Dampak Gangguan Sistem IT Global Hari Ini: Penerbangan di AS Kacau, Siaran TV di Inggris Padam

    Gangguan ini berasal dari pembaruan perangkat lunak yang rusak dari perusahaan keamanan siber Amerika, CrowdStrike, untuk komputer Microsoft Windows.

    Masalah ini pertama kali dilaporkan di Australia setelah pembaruan perangkat lunak dihentikan, menyebabkan pengguna komputer melihat “layar biru dan mati” yang menakutkan.

    Para ahli mengatakan diperlukan waktu berhari-hari sebelum semuanya kembali normal, karena komputer harus diperbaiki secara manual dan tidak melalui pembaruan jarak jauh.

    Singapura pun tidak luput dari hal ini. Pengguna komputer di negara tersebut pertama kali melaporkan mengalami layar biru sekitar tengah hari.

    Di Bandara Changi, proses check-in untuk lebih dari 10 maskapai penerbangan, termasuk maskapai penerbangan hemat Singapore Airlines, Scoot, serta Jetstar, AirAsia, dan Cebu Pacific Air, harus ditangani secara manual.

    Gangguan tersebut juga menyebabkan sejumlah penerbangan yang berangkat tertunda dan mengakibatkan antrian panjang serta kekacauan di Bandara Changi.

    Baca Juga :   Remaja Tewas Jatuh ke Selokan Setelah Konsumsi Kecubung Dicampur Mi Instan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI