Shin Tae-yong Janji Bawa Timnas Indonesia Terus Berikan Kejutan di Kualifikasi PD 2026

     

    WARTABANJAR.COM, JEDDAH – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, pasukannya akan terus memberikan kejutan, seperti saat menahan imbang Arab Saudi 1-1 pada laga pembuka babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Jeddah, Jumat (6/9/2024).

    “Saya punya keyakinan besar terhadap pemain Indonesia. Saya akan mendorong mereka ke level tertinggi. Kami punya tujuan jelas di turnamen ini, tim akan menjadi kuda hitam di kualifikasi Piala Dunia 2026,” kata pelatih asal Korea Selatan itu pada konferensi pers seusai pertandingan di King Abdullah Sports City Stadium.

    Baca juga:Media Vietnam Menyebut Hasil Timnas Indonesia Mengejutkan Semua Orang

    Indonesia tidak terlalu diapresiasi sebelum kunjungan Arab Saudi sebagai tim tamu. Mereka berada 77 peringkat di belakang tuan rumah di ranking FIFA, dan memiliki sejarah konfrontasi yang buruk, dengan hanya sekali imbang 0-0 dalam pertandingan persahabatan dan 11 kekalahan dalam 12 pertemuan. 

    Namun, tim asuhan pelatih Shin Tae-yong mengejutkan semua orang dengan meraih satu poin.

    Indonesia membuka keunggulan berkat Ragnar Oratmagoen pada menit ke-19, sebelum disamakan lewat tembakan Musab Al Juwayr pada menit ketiga masa tambahan waktu babak pertama. 

    “Pertandingan pertama ini memiliki awal yang sulit, cuaca panas memengaruhi kedua tim. Namun, kami tampil sangat baik. Saya puas dengan level pemain saya,” kata Pelatih Shin.

    Ia juga diam-diam bangga karena memaksa pelatih tim lawan Roberto Mancini, mengubah taktik dan tetap tidak mampu mengalahkan pasukannya.

    “Mancini adalah pelatih yang sangat bagus, dia mengubah cara bermain Arab Saudi di pertandingan tersebut. Namun, saya juga punya cukup informasi tentang pemain mereka, jadi saya tahu bagaimana menyikapinya,” kata Shin.

    Baca Juga :   Derby Papadaan, Siaran Langsung dan streaming Barito Putera vs Borneo FC Malam Nanti

    Sebelum babak kualifikasi ketiga, Indonesia menduduki peringkat kedua grup F babak kualifikasi kedua, mengungguli rival beratnya Vietnam dan hanya tertinggal di belakang Irak.

    Tim ini untuk pertama kalinya mengikuti babak kualifikasi ketiga Piala Dunia, dan diperkirakan akan menempati posisi ketiga atau keempat untuk memasuki babak kualifikasi keempat.

    Baca juga:Timnas Indonesia Tahan Imbang Arab Saudi, Maarten Paes Tampil Gemilang

    Di putaran ketiga ini, Indonesia satu grup dengan China, Australia, Bahrain, Arab Saudi, dan Jepang.

    Pada laga kedua 10 September mendatang, Indonesia akan kembali ke Gelora Bung Karno untuk menjamu Australia.(pwk)

    Editor: purwoko

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI