Karhutla Terjadi di Banjar dan Tanah Bumbu, Kepala BPBD Kalsel Pastikan Masih Terkendali

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARU – Dua titik kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Kalimantan Selatan.

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (BPBD Kalsel), R Suria Fadliansyah menyampaikan perihal informasi kebencanaan karhutla yang terjadi pada Rabu, (4/9/2024).

    “Dilaporkan telah terjadi kebakaran lahan di dua kabupaten, Banjar dan Tanah Bumbu. Karhutla tersebut dapat terkendali dengan baik,” sebut Suria melalui informasi harian yang disampaikan oleh Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Kalsel.

    Baca juga: Dinas PUPR Kalsel Imbau Pengendara Berhati-hati Melintasi Jalan Banjarbaru-Batulicin

    Kebakaran lahan di Kabupaten Banjar jalan Indrasari Komplek Rukun Suka Maju Kecamatan Martapura, tepatnya pada titik koordinat : -3.2530765S 114.5247166E, pada pukul 12.40-13.20 Wita.

    Jenis vegetasi yang terbakar merupakan semak belukar dengan luas sekitar 200 m², dan telah dipadamkan bersama tim gabungan dari BPBD Banjar, Kodim 1006 Mtp, EBR, BPK Kombat, dan BPK Kula, pemadaman dilakukan menggunakan 1 unit truk tangki, 1 rol selang.

    Sementara kebakaran lahan di Kabupaten Tanah Bumbu telah dipadamkan, kejadiannya di jalan Dharma Praja, Kelurahan Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin, titik koordinat : -3⁰29’19″S 115⁰57’13″E.

    Penyebab kejadian tidak diketahui, vegetasi yang terbakar adalah semak belukar, terjadi pada pukul 11.15 – 12.45 Wita, dengan luas sekitar 1 ha.

    Dampak dari kejadian ini menimbulkan kabut asap di sekitar SMPN 3 Batulicin, petugas gabungan melakukan pemadaman dan pemantauan secara berkala di kawasan lahan yang terbakar supaya tidak meluas. (ernawati/mc)

    Baca Juga :   Gerakan Pemuda HST Kawal Isu Lingkungan di Pilkada 2024

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI