Menlu AS ke Tel Aviv, Desak Tercapainya Upaya Gencatan Senjata di Gaza

    WARTABANJAR.COM, TEL AVIV – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tiba di Tel Aviv pada hari Minggu dalam lawatan ke Timur Tengah yang bertujuan untuk meningkatkan tekanan diplomatik guna mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza minggu ini guna mengakhiri pertumpahan darah antara Israel dan Hamas.

    Dalam lawatannya yang ke-10 ke wilayah tersebut sejak perang dimulai pada bulan Oktober, Blinken akan bertemu pada hari Senin dengan para pemimpin senior Israel termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, kata seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri dilansir Reuters.

    Setelah Israel, Blinken akan melanjutkan perjalanan ke Mesir.
    Pembicaraan untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata dan pemulangan para sandera yang ditawan di Gaza kini berada pada “titik kritis”, kata seorang pejabat senior pemerintahan Biden kepada wartawan dalam perjalanan ke Tel Aviv, seraya menambahkan Blinken akan menekankan kepada semua pihak pentingnya menyelesaikan kesepakatan ini.

    “Kami pikir ini adalah waktu yang kritis,” kata pejabat itu. Negara-negara yang menjadi penengah — Qatar, Amerika Serikat, dan Mesir — sejauh ini gagal mencapai kesepakatan dalam negosiasi yang berlangsung selama berbulan-bulan, dan pertumpahan darah terus berlanjut di Gaza pada hari Minggu.

    Serangan udara menewaskan sedikitnya 21 orang termasuk enam anak-anak di Gaza pada hari Minggu, kata otoritas kesehatan Palestina.

    Anak-anak dan ibu mereka tewas dalam serangan udara Israel di sebuah rumah di kota pusat Deir Al-Balah, kata pejabat kesehatan. Belum ada komentar langsung dari militer Israel.

    Baca Juga :   Unicef Terpukul Atas Jatuhnya Korban Anak-anak Dalam Serangan di Lebanon

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI