Amankan Peringatan HUT ke 79 RI di IKN, Polri dan Polda Kaltim Kerahkan 1.013 Personel

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA- Peringatan HUT ke 79 RI, Sabtu, 17 Agustus 2024 tinggal menghitung hari.

    Karena tahun ini peringatan hari bersejarah itu akan digelar kali pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN), maka Polri terus melakukan persiapan pengamanan, di antaranya adalah yakni personel hingga kendaraan untuk mengawal tamu upacara.

    Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pengamanan dilakukan bersinergi dengan TNI.

    “Kesiapan personel maupun kesiapan materil Polda Kaltim yang tergabung di dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan VIP dan VVIP bekerja sama dengan Kodam 6 Mulawarman,” kata Brigjen Pol Trunoyudo di Jakarta, Selasa (13/8/2024).

    Brigjen Pol Trunoyudo menjelaskan, pengamanan VIP dan VVIP Polda Kaltim dan jajaran mengerahkan kekuatan personel berjumlah kurang lebih 1.013 yang terbagi menjadi 7 satgas, dengan Polres Balikpapan maupun Polres PPU melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan.

    “Pelaksanaan kegiatan pengamanan VVIP adalah ranah dari Kodam 6 Mulawarman dan Pangdam selaku Komandan Satgas pengamanan wilayah, kemudian Bapak Kapolda Kaltim sebagai Wakil Komandan Satgas,” katanya.

    Brigjen Pol Trunoyudo menambahkan, pengamanan bukan hanya dilakukan kepada tamu, namun juga upaya pencegahan dan mitigasi bencana alam.

    Untuk rute perjalanan menuju IKN, pihaknya menempatkan personel di persimpangan jalan dan mendirikan pos dianggap berpotensi terjadi kerawanan atau kemacetan.

    “Personel dalam rangka melakukan kegiatan rekayasa lalu lintas sehingga diharapkan tamu undangan atau tamu VIP, tamu undangan yang lain tidak ada kendala menuju tempat kegiatan upacara yaitu di Ibu Kota Nusantara,” ujarnya.

    Baca Juga :   Pilot Philip Akhirnya Dibebaskan OPM Setelah Disekap 1,5 Tahun

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI